Brilio.net - Seekor hiu mini seukuran ibu jari baru-baru ini ditemukan di Teluk Meksiko. Hiu tersebut diyakini menjadi satu-satunya hiu mini yang masih hidup sampai saat ini.

Hiu langka dengan nama lain Mollisquama parini ini hanya memiliki panjang beberapa centimeter dan pertama kali ditemukan pada tahun 1984. Saat itu, seekor hiu mini ditemukan di lepas pantai Peru. Karena hiu mini ini memiliki semacam kantong di bagian atas siripnya, spesies ini kemudian dinamakan "hiu saku".

Beberapa tahun kemudian, spesies langka itu ternyata ditemukan kembali, tepatnya di Teluk Meksiko. Hasil identifikasi dan penelitian terhadap hiu mini itu selanjutnya diterbitkan dalam jurnal Zootaxa.

"Hiu saku yang telah kami temukan ini hanya memiliki panjang lima setengah inci, dengan jenis kelamin jantan," kata Mark Rahmat dari NOAA Fisheries, salah satu tim peneliti seperti dilansir dari wired.co.uk, Jum'at (1/5).

Menurut para ilmuwan, hiu tersebut masih berusia bayi karena bekas luka pusar yang baru sembuh. Spesies itu sebenarnya secara tidak sengaja ditemukan saat para peneliti melakukan studi untuk mempelajari pola makan paus.

Makhluk ini hanya ditemukan satu di dunia: Hiu mini

Dari kedua hiu mini yang telah diidentifikasi, tim peneliti menyimpulkan ada perbedaan yang signifikan di antara keduanya. Bedanya, hiu yang baru-baru ini ditemukan, terdapat dua bantalan kelenjar di sepanjang perutnya yang tidak dimiliki oleh hiu mini yang telah ditemukan sebelumnya.

Para peneliti juga mengakui bahwa sangat sulit membandingkan keduanya karena mempunyai jenis kelamin yang berbeda. Hiu mini pertama berjenis kelamin betina, sedangkan yang terbaru berkelamin jantan dan masih berusia sangat muda.

"Penemuan hewan yang tidak biasa dan sangat langka ini sungguh mengembirakan, tapi juga menjadi pengingat penting bahwa kita masih harus banyak belajar tentang spesies yang mendiami lautan kita," kata Grace.

HOT NEWS:

Anggun semakin dicibir! Dapat surat dari istri mantan pecandu narkoba

Sarung, di Indonesia buat sholat, di Mesir malah jadi bahan tertawaan

Hafiz, pria berwajah cantik ini menangis karena KTP-nya tersebar

Ini 5 hal yang mungkin terjadi dan dirasakan saat seseorang meninggal