×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Mahasiswa sulap kulit jeruk nipis jadi sampo antiketombe, luar biasa!

View Image

0

BRILIO » News

Mahasiswa sulap kulit jeruk nipis jadi sampo antiketombe, luar biasa!

Mahasiswa UNY ini berinovasi membuat sampo dari kulit jeruk nipis. Aman dan tentu saja ramah lingkungan.

01 / 09 / 2015

Brilio.net - Mengalami masalah ketombe adalah hal yang banyak dikeluhkan oleh sebagian orang apalagi kaum hawa. Banyak cara dilakukan untuk menghilangkan ketombe. Mulai dari perawatan rutin sampai menggunakan sampo antiketombe. Perawatan tersebut merogoh kocek yang tidak sedikit. Ada bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi problem ketombe. Salah satunya adalah kulit jeruk nipis.

Jeruk nipis punya segudang manfaat untuk manusia. Tidak hanya untuk stamina tubuh, jeruk nipis ternyata juga ampuh untuk menghilangkan ketombe. Inovasi produk alami terbaru dimunculkan lima mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Nurul Hidayah, Sekar Lastri, Anggrahini Dwi Puspitosari, Yuli Anita, dan Intasari. Mereka menyulap kulit jeruk nipis yang biasanya hanya dibuang menjadi sampo yang mempunyai nilai jual.

Nurul Hidayah (20) mengungkapkan jika ide menjadikan kulit jeruk nipis menjadi sampo muncul karena melihat kulit jeruk nipis yang belum dimanfaatkan dan hanya dibuang percuma.

"Kan di Jogja banyak angkringan, burjo, dan warung makan yang pasti mempunyai menu es jeruk nipis, setelah kami perhitungkan tiap warung bisa menghasilkan satu kilogram kulit jeruk. Itu kan percuma kalau dibuang," terang Nurul kepada brilio.net, Selasa (1/9).

Nurul dan kawan-kawannya lalu mencari referensi tentang kandungan jeruk nipis. Kandungan yang ada ternyata sangat cocok untuk dijadikan bahan sampo antiketombe. Mereka pun kemudian menghubungi angkringan dan warung di sekitar kampus untuk dimintai kulit jeruknya.

Loading...

Jeruk nipis, terang Nurul, secara kimia mempunyai unsur-unsur senyawa seperti limonen, linanin asetat, asam sitrat, minyak atsiri, sulfur, fosfor, dan vitamin c yang dapat menggantikan fungsi obat kimiawi untuk mengatasi ketombe.

"Selain mengatasi ketombe, ternyata kulit jeruk juga mampu mengurangi kadar minyak berlebih di rambut, khususnya untuk perempuan berjilbab," ungkap Nurul.

Komposisi sampo yang diberi nama SKUTER ini terdiri dari 65 persen kulit jeruk dan sisanya bahan tambahan seperti natrium bicarbonate, natrium lauryl sulfat, pewarna, dan pewangi yang sudah dipastikan aman digunakan. Para konsumen pun tak perlu ragu dengan produk tersebut karena telah diuji di laboratorium UNY.

Saat ini sampo kulit jeruk nipis SKUTER telah dijual ke mahasiswa, para karyawan hingga ibu rumah tangga. Sampo SKUTER ini selain dijual offline juga dijual online. Pembelinya tak cuma datang dari Pulau Jawa tetapi sudah merambah sampai luar Jawa.

"Hingga Agustus kemarin tercatat sudah sekitar 1.100 botol yang terjual," terang mahasiswa Pendidikan Akuntansi tersebut.

Wah, tertarik mencobanya?





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    60%

  • Ngakak!

    20%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    20%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more