Brilio.net -Game di smartphone sudah sangat familiar dengan anak-anak. Bagi anak-anak, game di smartphone sudah menggantikan posisi permainan konvensional.

Meski begitu, tak sedikit game yang hanya menguras waktu anak tanpa memberikan nilai edukasi. Melihat realita itu, lima mahasiswa Institut Teknologi Sebelas Nopember (ITS) tergerak untuk membuat game yang bisa memberikan nilai edukasi perjuangan kemerdekaan kepada anak-anak.

Adalah Elok Wuri Safitri, Muhammad Arifin, Dwi Karya Maha Putra, Naomi Zakina, dan Caesar Gilang yang mempunyai ide cemerlang itu. Mereka membuat game seputar sejarah kemerdekaan Republik Indonesia berbasis android yang diberi nama Pabron.

"Kami ingin menumbuhkan rasa kebanggaan terhadap Indonesia dan semangat nasionalisme anak-anak Indonesia dengan game Pabron ini," terang Dwi Karya Maha Putra kepada brilio.net, Selasa (11/8).

Putra menerangkan jika game ini terdiri dari mekanik hardware, elektrik, dan android yang diintegrasikan dengan bluetooth. Bentuk game Pabron ini mirip dengan monopoli. Namun pertanyaannya sudah otomatis ada di tablet android yang sudah di-instal aplikasi Pabron. Sedangkan kotak mekanik hardware itu dikelilingi dengan gambar-gambar pahlawan yang akan menjadi tebakan pemain.

Loading...

"Ketika pengocokan dadu dilakukan di tablet android, maka otomatis bidak yang ada pada papan akan berjalan sesuai mata dadu. Kemudian pada layar tablet muncul pertanyaan seputar pahlawan yang ditempati bidak tersebut," jelas Putra.

Mahasiswa ITS bikin game sejarah kemerdekaan, Brilio!

Pertanyaan yang akan muncul pada permainan beranggotakan dua sampai empat orang ini seperti menebak nama tokoh, menebak suara pidato, menebak lokasi suatu peristiwa, ataupun tebakan seputar perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) ini beberapa waktu lalu menyabet juara 1 Lomba Cipta Elektroteknik Nasional (LCEN) kategori Education Game and Mobile Phone Apps. Hal itu menunjukkan bahwa game buatan mahasiswa ITS tersebut selain menyuguhkan inovasi baru juga memberikan sisi edukasi terhadap anak-anak.

Nah, video berikut ini bisa jadi gambaran kepadamu bagaimana wujud game Prabon buatan mahasiswa ITS tersebut.