×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Luar biasa temuan pemuda Kendari ini, matikan lampu cukup lewat SMS

View Image

0

BRILIO » News

Luar biasa temuan pemuda Kendari ini, matikan lampu cukup lewat SMS

Jika tidak terdeteksi seseorang di dalam ruangan, maka alat ini akan langsung mengirim SMS bahwa ruangan tidak digunakan dan harus dimatikan.

25 / 04 / 2015

Brilio.net - Sekelompok mahasiswa Universitas Haluoleo, Kendari, Sulawesi Tenggara berhasil menciptakan sistem pengendali dan monitoring lampu dari jarak jauh berbasis web dan pesan singkat (SMS). Penemuan ini bermula dari kebiasaan buruk masyarakat yang sering lupa mematikan lampu pada saat tidak diperlukan.

Sehingga, temuan mereka ini bisa meminimalisasi prilaku boros energi, sekaligus menaggulangi terjadinya hubungan arus pendek (korslet listrik). Karya mahasiswa ini sudah diakui, terbukti berhasil menjuarai ajang bergengsi Olimpiade Sains Nasional.

Luar biasa temuan pemuda Kendari ini, matikan lampu cukup lewat SMS

Fadlin Arsin, anggota tim penemu piranti ini, mengatakan, sistem kerja alat ini memanfaatkan sensor untuk mendeteksi apakah ruangan sedang digunakan oleh seseorang atau tidak. Jika tidak terdeteksi seseorang di dalam ruangan, maka alat ini akan langsung mengirim SMS bahwa ruangan tidak digunakan dan harus dimatikan.

Uniknya, setelah mendapatkan notifikasi SMS, pemilik rumah tidak perlu beranjak dari tempat duduknya atau kembali ke rumah untuk mematikan lampu. Pemilik rumah cukup dengan membalas SMS notifikasi tadi, maka lampu akan mati.

Loading...

"Kita bisa menggunakan SMS atau menggunakan website yang telah kita rancang agar terhubung dengan lampu yang ada di rumah kita," ujar Fadlin kepada brilio.net, Kamis (23/4). Tim ini beranggotakan tiga orang yang semuanya berasal dari Kendari.

Fadlin menuturkan, perkembangan alat saat ini dalam massa pengembangan berkala. "Ke depanya jika alat kami memang dibutuhkan, kami akan menyediakan layanan web server untuk pengguna kami, di mana tiap pengguna mendapatkan akun untuk me-monitoring lampu di rumahnya masing-masing. Kemudian penambahan fitur monitoring untuk memperhitungkan pemakaian listrik berkala harian, mingguan, bulanan," pungkasnya.

Bukan main, temuan anak negeri ini sungguh sederhana namun memiliki manfaat yang sangat besar. Selain bisa menghemat biaya listrik, hasil penelitian ini juga bisa mengurangi adanya kebakaran akibat arus pendek listrik. Hemmm...bagaimana kamu tertarik mencobanya?





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more