Brilio.net - Coba tanya orangtua kamu, ketika kamu umur dua tahun kamu sudah bisa apa? Apa saja hal yang sudah kamu pelajari saat itu? Apakah saat umur segitu kamu sudah mengenal seni di daerahmu?

Di saat umur 2 tahun kita mungkin lebih asyik dengan boneka atau mobil-mobilan yang diberi orangtua. Berbeda dengan balita lainnya, Woro Mustika Siwi sudah dijejali Seni Jawa sejak umur 2 tahun. Saat itu Eyang yang mengasuhnya selalu mengajak nonton latihan karawitan dan wayang kulit di rumah setiap hari Selasa.

"Eyang sering nyuruh ngikutin orang-orang yang latihan. Eh, tahu-tahu disuruh ikut pentas juga," kata gadis imut ini kepada brilio.net, Kamis (26/3).

Seni Jawa yang terus disuguhkan membuat kemampuan Woro nembang (nyanyi Jawa) dan ngedalang semakin terasah. "Gara-gara sering diajak pentas-pentasan, aku jadi pentas beneran pas umur 3 tahun. Saat itu Mbah Kakungku mendalang dan aku yang nembang," kata Woro bangga.

Untuk seni ngedalang, Woro yang baru berusia 13 tahun ini mengaku mulai menjalankan seni itu dari kelas 3 SD. Dia ikut mendalang dalam festival Temu Dalang Cilik Nusantara di Solo. Setelah itu dia sering pentas mendalang dalam berbagai event maupun festival.

Loading...

Gadis yang tinggal di Solo ini mengaku tak merasa rugi dengan waktu bermainnya yang tersita dan terganti dengan belajar seni Jawa. Dia justru merasa beruntung karena hampir seluruh anggota keluarganya juga mendalami seni tradisi serupa. Hal itulah yang membuatnya selalu dilibatkan dalam pentas-pentas keluarga.

Dia juga mengatakan, pengaruh keluarganya bisa membuat Woro punya banyak kesempatan untuk tampil dan bertemu dengan banyak orang hebat. "Aku sendiri juga merasa senang dan bangga soalnya aku jadi bisa nembang untuk proyek Oom Erwin Gutawa dan pernah sepanggung dengan Mbak Rosa dan Mbak Bunga (BCL)," tuturnya bangga.

Meski banyak waktunya yang dihabiskan untuk mendalami Seni Jawa, dia masih tetap menyempatkan bermain dengan kedua orangtuanya. Seperti anak pada umumnya, kalau waktu senggang dia juga diajak orangtuanya jalan-jalan.

"Aku juga suka main sama temen-temen sekolah kok, tapi nggak terlalu sering juga," imbuh Woro.