Brilio.net - Awalnya mahasiswa ini tak benar-benar berniat mendata keanekaragaman anggrek di Maluku. Dorongan berbagai dosen membuat Andaru Satryo, mahasiswa Biologi UGM, mengukuhkan diri untuk mengikuti ekspedisi NKRI 2014. Setelah menjalani berbagai pelatihan, Andaru diterjunkan di Halmahera Selatan, Maluku Utara. Adalah rutinitasnya selama Februari-Juni 2014, meneliti flora-fauna bersama KOPASSUS yang gagah.

Dari situ, cowok ini tahu berbagai hewan dan tumbuhan unik yang endemik di Halmahera Selatan. Hebat kan? Hutan, cagar alam dan laut dia lewati. Tantangan alam dia lewati demi menemukan keanekaragaman ciptaanNya di sana.

"Medannya seram, bertaruh nyawa banget di sana. Tapi ya itu serunya. Bisa menemukan banyak spesies tumbuhan dan binatang yang menarik," katanya berapi-api saat ditemui brilio.net, Selasa (3/3).

Dari hasil ekspedisinya itu dia menemukan 70 jenis anggrek endemik. Dari 70 itu, 45 jenis berhasil dia identifikasi dan 25 sisanya diduga anggrek jenis baru.

Salah satu temuannya yang paling berkesan adalah anggrek belang, Vaudopsis lissochiloides. Sebelum berbunga, tanaman anggrek ini bentuknya menyerupai pandan liar. Akibatnya banyak warga yang nggak tahu dan menganggapnya nggak penting.

Loading...

"Gara-gara kliatan nggak menarik, tumbuhan ini dibabat sampai abis. Mereka (warga) lebih memilih konversi lahan untuk tumbuhan yang lebih menguntungkan," keluh Andaru.

Padahal ketika tanaman ini besar dan berbunga, anggrek yang dihasilkan sangat cantik. Bahkan membuat pemda terkesima dan tertarik untuk menjadikan anggrek belang ini maskot pariwisata.

Tak hanya meneliti, Andaru juga menerapkan konservasi ex situ untuk setiap anggrek yang dia temukan. Ini yang membuatnya berbeda dari peneliti lain. Jadi tak hanya mengidentifikasi, dia juga mengambil beberapa tanaman dari jenis yang sama untuk diselamatkan. Dengan cara itu, anggrek cantik yang ditemukan Andaru dapat dibudidaya di tempat lain, tetapi tetap ada di tempat asalnya.

Beberapa anggrek unik yang ditemukan di Halmahera Selatan

1. Vaudopsis lissochiloides, anggrek belang yang diwacanakan menjadi maskot pariwisata Halmahera Selatan

2. Eria javanica

3. Eulophia spectabilis

4. Diglyphosa latifolia

5. Malaxis amplectens