Brilio.net - Kuliner Yogyakarta memang nggak ada habisnya. Berbagai jenis makanan dari berbagai daerah berbaur dengan makanan asli ada di sini. Nggak terkecuali makanan sehat yang bernama lotek. Makanan yang berasal dari Jawa Barat ini memang terkenal dengan sebutan salad ala Indonesia.

Jika kamu sedang berkunjung ke Yogyakarta, nggak ada salahnya kalau kamu mencoba sajian lotek legendaris tersebut. Namanya Lotek Teteg, eits jangan berpikir yang aneh-aneh dulu. Nama itu merupakan bahasa Jawa yang artinya pagar. Mengingat letak warung lotek berada di pinggir pagar perlintasan kereta api. Tenang, di pinggir kok bukan di tengah.

Lotek legendaris porsi jumbo ini nikmatnya minta ampun, cobain ya!

foto: kotajogja.com

"Kami sudah jualan di sini sejak tahun 1968," kata sang pemilik, Upik Nuraeni kepada tim brilio.net, Selasa (29/12).

Loading...

Yap, kamu nggak salah dengar. Lotek Teteg memang sudah ada sejak era 60-an. Sejak saat itu Upik mengaku telah memiliki pelanggan dari berbagai generasi turun-temurun.

Warung yang berada di sebelah timur Stasiun Lempuyangan, tepatnya di seberang SPBU Baciro, Yogyakarta, selalu ramai dikunjungi pelanggan. Apalagi ketika masuk waktu makan siang. Makanan ini memang nikmat, dengan campuran dari berbagai macam sayuran, lontong, dan disiram dengan bumbu kacang yang khas. Belum lagi ditambah kerupuk yang berlimpah. Spesialnya lagi, lotek di sini disajikan dalam porsi jumbo. Dijamin bikin kamu kenyang.

Lotek legendaris porsi jumbo ini nikmatnya minta ampun, cobain ya!

foto: andry/brilio

Selain porsinya jumbo, salah satu keunikan dari Lotek Teteg adalah cara pembuatannya. Berbagai jenis bahan lotek dicampur di atas cobek super besar, berdiameter sekitar 80 cm. Cobek super besar ini memang menjadi ciri khas tersendiri dari Lotek Teteg. Dalam satu wadah cobek tersebut, sang peracik bisa menyajikan sekitar 40 porsi sekaligus. Wow!

Dalam sehari, Upik mengaku lotek sajiannya selalu habis diserbu pembeli. Bahkan tanpa perlu menunggu sampai sore, lotek legendaris ini sudah ludes habis.

"Lotek siap dari pukul 09.00 WIB, paling sampai pukul 15.00 WIB saja sudah habis," ujarnya.

Lotek legendaris porsi jumbo ini nikmatnya minta ampun, cobain ya!

foto: andry/brilio

Harga satu porsi Lotek Teteg terbilang cukup murah. Hanya dengan mengeluarkan kocek Rp 14 ribu kamu sudah bisa menikmati sajian lotek dengan porsi jumbo ini. Selain lotek juga tersedia gado-gado yang tak kalah nikmat. Untuk minuman, selain es teh atau es jeruk kamu juga bisa menikmati es kunir asem dan es beras kencur yang segar.

Kamu dan pasangan tertarik untuk mencoba?