Brilio.net - Tentu sudah banyak orang mengenal Ganool. Ya, salah satu situs yang menyediakan layanan download berbagai film terbaru bagi pengunjungnya. Ada juga situs Nonton Movie yang cukup dikenal bagi kalangan anak muda yang hobi nonton film dengan cara streaming.

Tapi sadarkah kamu kalau situs-situs tersebut merupakan sebuah pembajakan terhadap hak cipta hasil karya film, musik, dan karya seni orang lain?

Hal inilah yang membuat banyak sineas khawatir dan meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) mengambil tindakan terhadap situs-situs internet yang secara ilegal melakukan pembajakan tersebut.

Kemkominfo dan Kemkumham pun akhirnya mengambil langkah cepat sebagai respons hal tersebut. Dalam jumpa persnya di Ruang Serbaguna Kemkominfo, Jakarta, Selasa (18/8) Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan ada 22 situs yang akan diblok oleh Kemkominfo karena memuat film secara ilegal.

“Ini bagian dari upaya kami mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia, dan film salah satu fokusnya,” ujar Rudiantara seperti dikutip brilio.net dari laman Kemkominfo, Kamis (20/8).

Loading...

"Membuat satu film membutuhkan waktu dan proses panjang. Proses pembuatan film bisa mencapai Rp 5 miliar hingga Rp 10 miliar," kata Dirjen HAKI Kemkumham Ahmad M. Ramli.

Adapun ke- 22 situs yang ditutup Kemkominfo dan Kemkum HAM adalah:

1. ganool.com

2. nontonmovie.com

3. bioskops.com

4. ganool.ca

5. kickass.to

6. thepiratebay.be

7. ‎downloadfilmbaru.com

8. ganool.co.id

9. 21filmcinema.com

10. gudangfilm.faa.im

11. movie76.com

12. isohunt.to

13. cinemaindo.net

14. bioskop25.net

15. unduhfilm21.net

16. ganool.in

17. bioskopkita.com

18. downloadfilem.com

19. comotir.net

20. movie2k.ti

21. unduhmovie.com

22. 21sinema.com