Brilio.net - Mpok Nori begitu peduli dengan kuliner khas Betawi. Hal ini dia buktikan dengan membuat sebuah restoran dengan nama Soto Betawi Mpok Nori.

Istilah soto Betawi hadir dalam kuliner Indonesia sekitar tahun 1977-1978. Akan tetapi, bukan berarti tidak ada soto sebelum tahun tersebut. Yang memopulerkan dan pertama memakai kata soto Betawi adalah penjual soto di THR Lokasari/Prinsen Park, tentunya dengan cita rasa khasnya sendiri.

Banyak penjual soto pada kurun waktu tersebut, biasanya menyebut dengan soto kaki Pak “X” atau sebutan lainnya. Istilah soto Betawi mulai menyebar menjadi istilah umum ketika penjual soto tersebut tutup sekitar tahun 1991.

Soto Betawi Mpok Nori dikembangkan oleh Mpok Nori, seorang komedian sekaligus budayawati Betawi. Konsep yang diusung oleh Soto Betawi Mpok Nori adalah melestarikan kuliner asli kebudayaan Betawi.

Kini, Mpok Nori telah meninggal dunia dengan meninggalkan banyak kenangan. Nenek yang khas dengan suara cempreng melengking ini lahir di Jakarta, 10 Agustus 1930 silam. Sosoknya dikenal luas dengan gaya lugas dan logat Betawi yang kental.

Awal karier Mpok Nori sendiri dimulai dari pentas lenong Betawi. Dia mulai dikenal luas setelah ikut bermain dalam serial 'Pepesan Kosong'. Selain berakting, nenek yang akan genap berusia 85 tahun pada Agustus 2015 ini, juga memiliki sanggar seni bernama Sinorai atau Sinorey.