Brilio.net - Beberapa waktu lalu warga Kota Tenggarong, Kutai Kartanegara digegerkan dengan kabar pembuangan puluhan HandPhone (HP) yang dibuang ke sungai. Alat komunikasi yang beragam jenis itu merupakan milik para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Farmasi Tenggarong.

Naas bagi para siswa, Sungai Mahakam terletak persis di seberang sekolah menjadi tempat pembuangannya. HP keluaran terbaru seperti Iphone 6 yang harganya mencapai belasan juta juga tenggelam di dasar sungai sepanjang  920 km ini.

Pembuangan ini bukan tanpa alasan. Pihak sekolah yang tanpa ragu melakukan hal ini, dikarenakan berupaya menegakkan aturan yang telah dibuat. Sebelum hari pembuangan puluhan HP tersebut sebenarnya telah diadakan pemanggilan kepada para wali murid. Sebetulnya sudah ada kesepakatan antara pihak sekolah dengan siswa terkait penggunaan HP di sekolah.

Saat pendaftaran siswa dan orangtua menandatangani surat pernyataan. Isi dari surat pernyataan tersebut apabila kedapatan membawa HP maka akan dibuang ke Sungai Mahakam.

Kejadian tersebut mengundang pro dan kontra di kalangan netizen  Akun Aji You Lie menyepakati aksi ini. Menurut dia mendidik anak zaman sekarang haruslah dengan tindakan. "Ini pelajaran buat anak-anak dan sekalian orang tua.... salut," tulisnya.

Loading...

Netizen lain,  Ozix Farraz berkomentar, "Sudah terlalu banyak pencemaran di Sungai Mahakam, kenapa kesepakatannya harus buang di Sungai Mahakam? SMK FARMASI HARUS bisa jelaskan!!"