1. BRILIO.NET
  2. »
  3. News
Muhammad Gufron Salim 21 Desember 2015 18:20

Kurang piknik? Coba 15 ide liburan hemat dan murah meriah ini

Perlu ide cemerlang untuk menikmati liburan tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak.

Brilio.net - Mendengar kata liburan, terlintas betapa banyaknya uang yang harus dikeluarkan untuk kegiatan yang banyak orang lakukan tersebut. Liburan menjadi penawar buat kamu yang sedang jenuh,kurang piknik, ditambah kondisi keuangan yang menipis. Perlu ide cemerlang untuk menikmati liburan tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak.

Banyak cara mengakali liburan tetap terlaksana tanpa harus mengeluarkan budget yang banyak. Cukup kamu menemukan tujuan yang pas, murah, keren dan juga irit tentunya. Tapi, kamu tak perlu khawatir lagi, berikut brilio.net rangkum 15 ide liburan cocok buat kamu yang sedang meiliki keuangan menipis, Senin (21/12).

1. Main ke pantai

foto: pasirpantai.com
Liburan ke pantai menjadi alternatif liburan murah, irit dan enjoy buat kamu yang sedang berhemat. Tak perlu bayar tiket mahal untuk ke pantai, kamu sudah bisa bermain air, bermain pasir, lari-lari dan menikmati sunset. Bahkan ada yang pantai yang masih gratis di daerahmu.

2. Nongkrong di taman kota

foto: travelblog.ticktab.com
Nggak perlu uang banyak buat nongkrong di taman kota, biar lebih irit, kamu bisa membawa makanan dan tikar dari rumah. Sembari menikmati indhanya kota dan orang yang lalu lalang, kamu juga bisa menikmati dengan membaca buku, dengerin musik dan sebagainya.

3. Jalan-jalan di pematang sawah dekat rumahmu

foto: youngmanoldbrain.wordpress.com
Kamu sedang jenuh dengan rutinitas sehari-hari? Pas dompetmu sedang krisis. Tak perlu khawatir, piknik tak harus mengeluarkan biaya yang mahal kok. Kamu hanya perlu pergi ke sawah, berjalan kakilah di pematang dan nikmati hamparan sawah yang hijau di depan mata kamu.

4. Berkebun di belakang rumah

foto: dbento.com
Salah satu tempat piknik yang bisa kamu lakukan di area rumah, yaitu berkebun di belakang rumah. Apalagi ditemani anak dan istri, tidak hanya sebagai alternatif piknik, tentu juga membuat halaman belakang rumah semakin rapi dan tertata.

5. Main ke rumah saudara yang daerahnya punya pemandangan bagus

foto: nurcahyosetyaji.blogspot.com
Punya saudara tetangga desa? Nah, saat kamu sedang berhemat dan irit untuk piknik, kamu bisa pergi ke rumah saudara kamu sekadar bersilaturrahmi dan mengisi akhir pekan agar tidak menjenuhkan.

6. Menikmati syahdunya air mengalir di kali

foto: catatankecilkeluarga.wordpress.com
Pergi berjalan-jalan di kali bisa kamu lakukan saat sedang jenuh. Melihat aliran sungai dan juga kamu bisa mancing di sana, apalagi kamu bisa mendapatkan ikan di kali. Dijamin, kurang piknikmu bakal ilang dengan sendirinya.

7. Muter-muter mal di pusat kota

foto: riffasancati.com
Buat kamu yang tinggal di perkotaan, kurang piknik bisa kamu atasi dengan berjalan-jalan di mal, yang penting tetap irit dan tidak gelap belanja.

8. Menikmati alun-alun kota di kala sore menjelang malam

foto: panoramio.com
Siapa sih yang nggak mau menghabiskan waktu di alun-alun kota? Selain gratis, kamu bisa jalan-jalan dan berburu kuliner pastinya.

9. Mengunjungi pasar malam

foto: wartapasar.com
Tempat bermain, menghabiskan malam dan tak perlu uang banyak untuk pergi ke pasar malam. Kamu bisa irit dan hemat dengan banyaknya penawaran permainan, kuliner murah, dan banyak lagi yang lainnya yang nggak bakal bikin kantong kamu jebol.

10. Mencoba menjadi fotografer dadakan

foto: istimewa
Tak perlu kamera canggih, cukup gunakan smartphone kamera kamu. Keliling sekitar area rumah, cekrek sana-sini ala fotografer kawakan. Bikin harimu menyenangkan dengan mencoba menjadi seorang fotografer dadakan.

11. Berkemah bersama teman atau keluarga

foto: itraveltomuch.com
Berkemah bisa di mana saja, bisa di pinggir danau atau area perkemahan yang umum di daerah kamu. Apalagi suasana pegunungan yang menambah syahdu perkemahan yang kamu lakukan. Selain irit, tak perlu biaya mahal untuk menyewa tempat buat kemah. Kamu juga bisa irit dengan patungan bareng teman-teman kamu loh.

12. Memancing ikan

foto: visitmysmokies.com
Buang jenuh dengan memancing, baik di kali maupun kolam pemancingan. Kamu bakal merasakan indahnya bersabar dan menuai hasil dari memancing. Istilah lainnya, kamu bisa membunuh waktu dengan berlama-lama memancing. Selain murah meriah, kamu bisa lupa kalau sdang kurang piknik.

13. Mengunjungi situs tua yang dekat dari rumahmu

foto: wikipedia.com
Kalau di daerah kamu banyak situs megalitikum, warisan jaman kuno. Kamu boleh meluangkan waktu untuk mengunjungi situ tersebut, selain liburan kamu juga bisa belajar sejarah loh.

14. Mengunjungi museum kota

foto: en.wikipedia.org
Kebanyakan museum di Indonesia tak mematok biaya mahal bagi setiap pengunjung, bakal banyak pengetahuan yang kamu dapat saat mengunjungi sebuah museum di kotamu. Apalagi pergi bersama keluarga, tentu kamu bisa liburan plus mendapatkan informasi terkait barang-barang yang dipajang di museum, asik kan.

15. Berburu buku di kedai buku bekas

foto: kyuniar.wordpress.com
Buat kamu seorang kutu buku, pilihan ini cocok untuk menambah referensi buku yang bakal kamu beli selanjutnya. Atau kamu bisa sekadar membaca dan memperbaharui informasi stock buku kesukaanmu. Selain murah meriah, kamu cukup bayar uang parkir kendaraan saja.

(brl/pep)


WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?