Brilio.net - Tiap orang pasti jengkel dan merasa tak nyaman berada di lingkungan yang kotor, kumuh. Kamu pun juga begitu kan? Tapi, hanya sedikit yang mau peduli untuk menjaga lingkungan tetap bersih. Semoga kamu termasuk dari yang peduli itu. Sebagaimana juga yang ditunjukkan Vania Santoso.

Di tengah merosotnya kepedulian terhadap lingkungan yang terjadi saat ini oleh para generasi muda, Vania Santoso justru menaruh perhatian besar pada aspek ini. Wanita Surabaya ini justru telah tertarik untuk berkecimpung di dunia lingkungan sejak umurnya baru menginjak 13 tahun. Bersama kakaknya, Agnes Santoso, Vania mendirikan klub AV peduli dimana bergerak pada isu-isu lingkungan.

Konsisten rawat lingkungan dari umur 13 tahun, Vania raih Satyalencana

Alumni Universitas Airlangga ini awalnya mendirikan klub AV karena dirinya suka pada kegiatan outdoor, namun saat itu lingkungan tidak mendukung karena banyaknya sampah, polusi, dan lainnya. Dari situ Vania berinisiatif membentuk klub lingkungan berbasis kepemudaan untuk bisa beraksi nyata peduli terhadap lingkungan.

"Program kami sosialisasi dan program pemberdayaan yang menyentuh masyarakat seperti membuat album lagu dengan lirik ramah lingkungan, eco fashion show dengan memperagakan busana dan produk daur ulang yang tidak kelihatan dari sampah dan revitalisasi sungai sambil wisata ecotourism," ungkap Vania kepada brilio.net, Minggu (29/3)

Berkat pengalaman dan konsistensi Vania dalam mengelola klub ini, Vania berulang kali diundang sebagai pembicara di luar negeri. Bahkan, Vania pernah menerima Tanda Kehormatan Presiden Satyalencana Wirakarya pada tahun 2011.

"Itu penghargaan yang paling membanggakan karena saya saat itu penerima termuda, yakni berumur 19 tahun, lainnya sudah bapak-bapak. Ini membuktikan everyone is a changemaker, tak peduli apapun jenis kelaminnya dan berapapun usianya," pungkas Vania.

Konsisten rawat lingkungan dari umur 13 tahun, Vania raih Satyalencana