Brilio.net - Selama ini bangunan gereja selalu dibuat menggunakan bahan bangunan yang kokoh. Namun berbeda dengan gereja yang satu ini. Gereja Kristen Jawa Bambu Tegalrejo, Yogyakarta adalah gereja yang 90% bangunannya terbuat dari bambu yang harganya murah.

Tidak disangka gereja dengan bahan murah tersebut mampu berdiri kokoh bahkan saat gempa melanda Jogja pada tahun 2006 yang lalu. Pendeta Agus Prasetyo (28) mengatakan bahwa pada saat gempa terjadi hanya beberapa genting saja yang berjatuhan namun untuk bangunannya sendiri justru tetap berdiri kokoh, padahal banyak bangunan lain di sekitar yang runtuh.

Kokohnya gereja bambu pertama di dunia, tahan dihantam gempa dahsyat

"Sejak saat itu gereja ini juga dijadikan penelitian sama Fakultas Arsitektur UGM karena struktur bangunannya yang sederhana tapi kuat." kata Pendeta Agus.

Hingga saat ini GKJ Bambu cukup dikenal hingga mancanegara, "Banyak wisatawan asing dari Belanda, Belgia, Jerman juga Korea pernah berkunjung kesini karena tertarik dengan bangunannya," ujar Pendeta Agus saat ditemui brilio.net Rabu, (25/3).

Kokohnya gereja bambu pertama di dunia, tahan dihantam gempa dahsyat