×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kisah TNI AL di perbatasan, tak cuma siap perang tapi bantu nelayan

View Image

0

BRILIO » News

Kisah TNI AL di perbatasan, tak cuma siap perang tapi bantu nelayan

Banyak anak yang putus sekolah dikarenakan keterbatasan ekonomi.

08 / 06 / 2015

Brilio.net - Siapa bilang tugas tentara cuma berperang? Ada banyak tugas lain para tentara yang berkaitan dengan peningkatan kualitas hidup masyarakat, di antaranya dalam bidang pendidikan dan perekonomian warga. Bukti dari tugas non-perang itu di antaranya bisa dilihat dari yang dilakukan jajaran TNI Angkatan Laut di Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XI.

Sebagai negara maritim, Indonesia memang memiliki kekayaan laut yang sangat melimpah. Namun sejauh ini potensi kelautan Indonesia sepertinya tidak dikelola dengan baik. Ada banyak masyarakat daerah pesisir pantai yang masih hidup serba pas-pasan. Jangankan untuk menyekolahkan anaknya, untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saja mereka kesulitan.

Nah, untuk mengatasi pemasalahan tersebut, selain menjaga kedaulatan bangsa, menegakkan hukum serta menjaga keamanan wilayah laut, TNI AL ternyata juga melakukan berbagai kegiatan sosial yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Salah satu bentuk pengabdian yang mereka lakukan adalah pembinaan masyarakat pantai dalam hal mencari ikan dan pemberdayaan hasil laut di kelurahan Maro, Merauke, Papua.

"Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XI (Lantamal) membentuk suatu wadah yaitu Ikatan Keluarga Maritim (IKMAM) untuk menampung masyarakat pesisir agar terkoodinir dan terarah dalam penangkapan dan pengolahan hasil laut," ujar Serda (POM) Adam Valentino AN saat dihubungi brilio.net, Senin (8/6).

Adapun wujud kegiatan yang dilaksanakan IKMAM yaitu mengadakan pelatihan pembuatan jaring untuk para nelayan. Tidak hanya itu, Lantamal XI juga memberikan sumbangan berupa kapal penangkap ikan.

Loading...

Kisah TNI AL di perbatasan, tak cuma siap perang tapi bantu nelayan

Selain masalah perekonomian, pendidikan di daerah Merauke juga masih terbatas. Banyak anak yang putus sekolah dikarenakan keterbatasan ekonomi. Mereka terpaksa meninggalkan bangku sekolah untuk membantu orangtua mereka mencari nafkah. Oleh sebab itu, Lantamal XI juga mendirikan sekolah untuk anak-anak setempat yang bernama Sekolah Putera Bangsa. Kini, anak-anak di sana bisa kembali bersekolah tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Kisah TNI AL di perbatasan, tak cuma siap perang tapi bantu nelayan

BACA JUGA:

Hilang akibat granat, tangan anggota TNI AL kini 'utuh' lagi

7 Daya tarik markas TNI di Lebanon, lokasi favorit selfie & belanja

Kisah teladan dari pensiunan TNI AD yang jadi sopir angkot

Cerita keberanian F-16 TNI AU cegat pesawat tempur AS

Cerita kehebatan pilot TNI AU terbang pakai pesawat rongsokan Jepang

5 Wanita Kopassus harumkan Indonesia lewat olahraga





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more