Brilio.net - Berkuliah di bidang kesehatan merupakan mimpi masa kecil Nisa Ayu Lestari, alumni Jurusan Ilmu Keperawatan Gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (UGM) angkatan 2009 ini. Terlahir dalam keluarga yang bergelut di dunia kesehatan membuatnya mencintai dunia tersebut.

Pengalaman organisasi semasa kuliah dimulai ketika gadis kelahiran Cirebon, 23 Maret 1992 ini menjadi anggota Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (PSDM KM) FKG UGM. Di tahun kedua, Nisa diamanahkan sebagai Bendahara Umum KM FKG UGM. Tahun berikutnya, ia dipercaya menjadi Ketua Departemen PSDM KM FKG UGM.

Pengalamannya ketika menjalani KKN di Pulau Pemana, Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT), membuatnya tersadar bahwa masih banyak mutiara tersembunyi di pelosok-pelosok Indonesia. Sejak itulah Nisa terpanggil untuk menyerukan bahwa siapa pun dan darimana pun mereka, anak-anak Indonesia berhak mendapatkan pendidikan yang layak.

Selama 2014-2015, Nisa mengabdikan dirinya di SDN 16 Kutamakmur, Kabupaten Aceh Utara mengikuti gerakan Indonesia Mengajar yang digagas Menteri Pendidikan Dasar Menengah dan Kebudayaan Anies Baswedan. "Banyak cerita yang menyentuh hati saya ketika mengajar di sana. Tak jarang saya menitikkan air mata mendengar cerita dan mimpi mereka," kata Nisa Ayu Lestari ketika dihubungi brilio.net, Selasa (14/3).

Selain aktif berorganisasi, Nisa juga pernah menjadi asisten dosen untuk mata kuliah Pengendalian Infeksi dan Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut. Kecintaannya terhadap dunia pendidikan dan kesehatan tersalurkan ketika ia melakukan kegiatan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) di beberapa sekolah dasar di Yogyakarta.

Loading...

Nisa juga pernah memberikan pembinaan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk anak-anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 1 Bantul, Yogyakarta.