Brilio.net - Barangkali nama Charles O'Rear masih asing di telinga dan ingatanmu, meskipun sebenarnya kamu sudah begitu sering melihat karyanya. Foto pemandangan padang rumput hijau di bawah langit biru berawan yang merupakan wallpaper default Windows XP yang telah dilihat oleh jutaan orang adalah produk tangan O'Rear.

Dikutip dari NY Daily News Rabu (9/9), foto ini diambil dari Napa Valley sebelah utara San Francisco pada tahun 1996 dan tanpa bantuan software editing. Foto berjudul "Bliss" diambil dengan menggunakan kamera Mamiya RZ67 dan bantuan tripod.

Fotografer National Geographic ini ketika itu sedang menuju kediaman sang kekasih Daphne, yang kini menjadi istrinya. Di tengah perjalanan berangkat, dia menyaksikan awan-awan yang berpisah satu sama lain di atas rumput hijau yang menawan. Pria yang kini berusia 73 tahun itu turun dari mobil dan mengambil beberapa gambar pemandangan tersebut.

Kisah di balik gambar fenomenal yang dilihat jutaan orang

Foto ini kemudian Chuck upload di sebuah perusahaan perpustakaan foto Corbis yang merupakan temuan Bill Gates. Foto ini kemudian dibeli Microsoft menjelang rilis Windows XP pada 2001. Chuck tidak pernah berpikir bahwa jepretannya itu akan menjadi foto fenomenal seantero dunia.

Loading...

Pihak Microsoft mendatangi pria yang kerap disapa Chuck ini pada awal April 2014 untuk mengadakan perbincangan mengenai gambar yang paling banyak dilihat sejagat ini sebagai bentuk penghormatan kepada sang fotografer, sebelum Microsoft tidak lagi menggunakan Windows XP seminggu kemudian yaitu pada 8 April 2014.