Brilio.net - Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, di antaranya jantung koroner dan stroke. WHO menyebutkan, 20% penderita stroke disebabkan oleh kelebihan kolesterol, dan 50% kasus jantung koroner dikarenakan kolesterol tinggi.

Kolesterol sebenarnya adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk pengangkutan lemak dan pembentukan hormon. Namun demikian, jumlah kolesterol yang berlebihan akan menghambat peredaran darah dan menjadi gerbang berbagai penyakit.

Kamu memiliki kolesterol tinggi nggak?

Zullies Ikawati, seorang profesor doktor Dosen Fakultas Farmasi UGM bersama timnya menemukan formula baru untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh lho. Formula ini merupakan kombinasi hasil daun sambung nyawa dengan temulawak.

Temulawak sendiri diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol, sementara daun sambung nyawa bisa meningkatkan High-density lipoprotein (HDL) dan menurunkan Low-density lipoprotein (LDL).

"Kita coba sinergiskan keduanya," katanya saat ditemui di Fakultas Farmasi UGM.

Gynura procumbens, nama latin dari sambung nyawa dipilih sebagai bahan baku formulasi selain karena kandungan flavonoid yang efektif menurunkan kolesterol, juga karena tanamannya mudah tumbuh. Seperti diketahui, masyarakat sudah banyak menggunakan sambung nyawa untuk dijadikan lalapan.

Zullies mengungkapkan, saat itu pengujian pre-klinis dilakukan dengan menggunakan tikus yang diberi pakan lemak tinggi. "Ternyata hasilnya positif, bisa menurunkan kadar kolesterol dan kolesterol total, kemudian meningkatkan HDL dan menurunkan LDL, juga menurunkan trigliserida," urainya.

Produk herbal ini nantinya akan diproduksi dalam bentuk sirup kemasan saset. Hal ini menurut Zullies diharapkan akan lebih praktis untuk dibawa kemana-mana. Ia menekankan, ramuannya merupakan produk herbal berkategori jamu, sehingga lebih bersifat pemeliharaan.

Rencananya, setelah melalui berbagai proses dan perizinan, produk herbal ini akan siap dipasarkan sekitar awal tahun 2015. Jaga kesehatan dan pola makan ya, agar terhindar dari kolesterol!