Brilio.net - Komunitas Wisata Misteri Jogja atau yang sering disingkat menjadi 'Wismis' Jogja memang merupakan komunitas yang lain daripada yang lainnya.

Bagaimana tidak? Di saat orang pada umumnya menghindari daerah angker, anggota komunitas ini justru mendatanginya dan menguak misteri atau mitos di dalamnya.

Walau begitu komunitas ini berbeda dengan acara-acara uji nyali yang diputar di televisi. Niatnya di sini lebih ke arah membuktikan kebenaran misteri yang ada dan sekalian menggali informasi mengenai tempat yang didatangi.

Baru-baru ini komunitas yang terbentuk pada tahun 2010 ini mengunjungi air terjun Pulosari yang terletak di Kabupaten Bantul. Namanya juga komunitas wisata misteri maka semua ekspedisi komunitas ini dilakukan pada malam hari.

Di kawasan air terjun tersebut berkembang mitos bila ada burung dara yang menampakkan diri, pertanda tidak baik, misalnya akan ada wabah penyakit yang melanda.

Loading...

"Bahkan di hari-hari tertentu masih ada yang kasih sesaji. Nah, kita ke sana kemarin ingin memperlihatkan, bahwa sesaji seperti itu kurang tepat. Nggak perlu ada sesaji. Intinya, makhluk-makhluk ghaib seperti jin itu ada, dan mereka bisa hidup berdampingan dengan kita manusia, asal kita bisa menjaga lingkungan bersama-sama," terang Ringga, selaku pendiri komunitas ini, Kamis (9/7).

Komunitas ini sudah mengunjungi beberapa tempat yang santer akan mitosnya antara lain misteri makam Pangeran Purboyo, misteri Goa Lawa Imogiri, misteri Gunung Kelir, misteri Ki Ageng Mangir, misteri air terjun Pulosari, dan misteri balai pemuda Ambarbinangun.

Semua kegiatan komunitas ini tidak dilakukan sembarangan. Ketika akan mengungkap kebenaran suatu tempat, mereka sengaja berbaur dengan masyarakat sekitar dan meminta izin juru kunci setempat untuk menghormati dan menghargai lingkungan sekitar.

Pernah suatu kali salah satu anggota Wismis tiba-tiba kesurupan dan susah dinormalkan. Usut punya usut, kejadian ini akibat dari kenekatan yang mereka lakukan saat berinteraksi dengan makhluk halus penghuni setempat.

Juga pernah ada kejadian saat salah satu anggota Wismis tiba-tiba sakit berhari-hari setelah mengunjungi salah satu tempat yang dianggap angker, setelah dibawa ke kyai ternyata ada satu makhluk halus yang mengikutinya hingga ke rumah.

"Dari kejadian itu kita jadi paham, kita nggak boleh sok berkuasa dan jangan sekali-kali ngeyel. Kalau sudah izin kita tetap nggak diperbolehkan, sebaiknya tak usah berinteraksi. Biasanya kita menggunakan mediator untuk berkomunikasi dengan makhluk astral tersebut, mirip seperti acara uji nyali di TV itu," pungkas Ringga.

KLIK JUGA:

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa