Brilio.net - Powerbank saat ini sudah seperti benda wajib yang harus dimiliki setiap anak muda selain smartphone. Sulitnya mencari colokan hingga malas jika harus jauh dari smartphone membuat orang berbondong-bondong membeli powerbank.

Tak jarang dari mereka pada akhirnya selalu mengisi baterai mereka lewat powerbank daripada repot-repot memakai charger. Padahal memakai powerbank terus menerus itu cukup berbahaya.

Kamu pasti tahu jika mengisi baterai lewat powerbank terkadang 2x lebih cepat dari charger biasa. Hal itu disebabkan arus tegangan yang dihasilkan powerbank juga lebih besar. Sementara daya tegangan smartphone kita tidak sebesar itu. Makanya sering kita temukan kasus terlalu sering menggunakan powerbank bisa menyebabkan umur baterai pendek dan cepat menggelembung.

Menggunakan powerbank sebenarnya sah-sah saja asal dalam kadar yang sesuai. Sebisa mungkin menggunakan powerbank jika dalam keadaan benar-benar kepepet di mana baterai smartphone kita habis dan kita lupa membawa charger.

Namun jika dalam keadaan bebas atau leluasa sebaiknya kita mengisi baterai lewat charger biasa agar komponen baterai smartphone kita terjaga dengan baik.

Loading...

Selain itu, kamu juga harus jeli dalam memilih powerbank. Karena powerbank abal-abal justru bisa membahayakan smartphonemu. Jangan mudah tergiur dengan harga murah. Biasanya powerbank dengan kapasitas di atas 5000 mAh memiliki harga kisaran di atas Rp 100.000 untuk kualitas yang baik.