×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kerupuk dari bunga rosella, cocok melengkapi menu makan kamu

View Image

0

BRILIO » News

Kerupuk dari bunga rosella, cocok melengkapi menu makan kamu

"Bunga rosella itu kan terkenal sebagai anti kanker, asam urat, dan memperbaiki saluran pencernaan," ujar Lutfiana.

16 / 05 / 2015

Brilio.net - Aturan yang mendorong mahasiswa untuk mnghasilkan karya kreatif-inovatif dalam program kreativitas mahasiswa (PKM), terbukti telah menghasilkan banyak karya-karya luar biasa. Salah satunya adalah karya dari empat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP), Hindun Lutfiana, Ayu, Sri Sumarni, dan Nur Khasanah.

Keempat mahasiswa itu membuat camilan sehat berupa kerupuk bunga rosella yang diberi nama Crunchy Rosella. Karya ini terdorong oleh pengamatan mereka bahwa hampir semua masyarakat Indonesia suka kerupuk. Mereka memilih bunga rosella karena bunga ini memiliki khasiat yang luar biasa. "Bunga rosella itu kan terkenal sebagai anti kanker, asam urat, dan memperbaiki saluran pencernaan. Untuk itu akhirnya kita pilih rosella karena selama ini belum ada yang buat juga," ujar Lutfiana (20) kepada brilio.net, Jumat (15/5).

Kerupuk dari bunga rosella, cocok melengkapi menu makan kamu

Mahasiswi asal Cilacap, Jawa Tengah itu mengatakan, keorisinilan produk PKM-nya itulah yang membuat proposalnya diterima Dikti. "Ya memang ada empat kategori yang harus dipenuhi, pertama judul, lalu kemanfaatan, khasiat, dan belum ada yang pernah buat. Faktor terakhir itu yang menjadi keorisinilan kerupuk Crunchy Rosella," jelas dia.

Setelah mendapat dana penelitian dari Dikti, ia bersama timnya segera memproduksi kerupuk yang menurutnya banyak disukai pembeli itu. "Dapat Rp 8 juta dari Dikti dan kita langsung produksi, respon masyarakat bagus karena kita tawarkan khasiatnya juga. Selain itu rasanya yang ada asem-asemnya sesuai rasa bunga rosella juga jadi pembeda dari kerupuk biasa."

Loading...

Saat ini, penjualan produk Crunchy Rosella masih sebatas di Purworejo dan Cilacap saja karena keterbatasan waktu. Ke depannya Lutfi berharap produk makanan sehatnya ini bisa diproduksi dalam jumlah banyak dan bisa dijual ke seluruh Indonesia.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more