Brilio.net - Kegemaran Anggi Muhtar Pratama (24) dalam menulis mengantarkan dirinya menjadi salah satu mahasiswa berprestasi Universitas Gadjah Mada (UGM). Pernah gagal mengajukan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di tahun 2010, mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan tersebut sukses meloloskan 16 judul PKM dalam 4 tahun berturut-turut.

Mahasiswa asal Tulungagung, Jawa Timur, itu memang sejak SMA gemar menulis, khususnya karya ilmiah. Ketika dia masuk di dunia kampus, kemampuannya dalam menulis semakin terasah mengingat ada banyak kegiatan yang bisa mengasah potensinya itu, salah satunya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Mulai ikut PKM tahun 2010 tapi nggak lolos, ujarnya saat dihubungi brilio.net, Senin, (6/4).

Belajar dari kesalahan dari tahun sebelumnya, Anggi semakin terpacu untuk menggarap proposal PKM. Alhasil, pada tahun 2011, dia membuat 5 proposal. Tiga di antaranya sukses didanai pemerintah. Karena setiap mahasiswa hanya diperbolehkan membuat 2 proposal, maka untuk sisanya, saya mengajak teman-teman untuk mengerjakannya. Saya hanya sebagai pembimbing lapangan, tambahnya.

Tahun 2012 Anggi semakin menggila. Keberhasilan yang dia raih tahun lalu kian membuat dirinya makin getol membuat proposal PKM. Tahun 2012, saya dan tim membuat 15 proposal dan yang lolos ada 5 proposal. Tahun 2013, lolos 3 dari 5 proposal dan 2014 lolos 5 dari 7 proposal, kata dia.

Tidak hanya itu, karya tulis yang dibuat Anggi dan timnya sukses melaju hingga PIMNAS bahkan sampai meraih penghargaan. Tahun 2012, lolos PIMNAS dan dapat 2 medali perunggu. Di tahun 2013, dapat satu medali perak, kenangnya.

Mahasiswa yang kini tengah menjalani koas itu mengakui bahwa dalam pengerjaannya dia sering bekerja sama dengan mahasiswa dari fakultas lain. Selain menambah relasi dan jaringan dengan mahasiswa lain, dengan mengikuti PKM, dia juga bisa menuangkan ide dalam bentuk karya tulis. Dengan PKM, ilmu yang kita punya bermanfaat untuk orang lain, katanya.