1. BRILIO.NET
  2. »
  3. News
Ines Faradina 23 Maret 2015 06:06

Keren, 3 mahasiswa ini ciptakan robot pendeteksi kebocoran pipa gas

Mereka memiliki ide untuk menciptakan teknologi baru yang bernama Robogas.

Brilio.net - Siapa bilang hanya Jepang yang mampu menciptakan 1.001 macam robot untuk berbagai industri? Indonesia ternyata memiliki banyak sekali anak muda yang juga mampu berinovasi menciptakan robot yang dapat diperbantukan dalam berbagai macam industri yang ada, termasuk salah satunya tiga mahasiswa dari Universitas Negeri Malang.

Berawal dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada tahun 2013, Citta Anindya, Syifaul Fuada, dan Sugeng Firmansyah, memiliki ide untuk menciptakan teknologi baru yang bernama robogas. Robogas sendiri merupakan jenis robot penelusur pipa gas industri yang memang dirancang agar dapat memonitoring dan mendeteksi letak kebocoran pipa gas.

Ide pembuatan robogas sendiri datang dari pengalaman salah satu anggota tim, yaitu Syifaul Fuada yang kebetulan pernah melaksanakan praktik industri di salah satu pabrik gas di Indonesia. Pabrik tersebut ternyata menggunakan pipa sebagai media utama transportasi gas dan otomatis penting sekali untuk dimonitoring secara berkala.

"Selama ini kebanyakan pabrik menggunakan alat yang masih membutuhkan tenaga manusia yang harus turun langsung ke lapangan untuk memonitoring pipa gas. Padahal bila ada kebocoran, tentu saja tidak hanya menimbulkan kerugian materi tetapi juga mengancam jiwa manusia," kata Syifaul pada brilio.net, Minggu (22/3).

Ketiga mahasiswa tersebut mengaku membutuhkan kurang lebih 6 bulan untuk membuat robogas tersebut. Adapun robogas sendiri memiliki 2 jenis teknologi. Yang pertama adalah electric nose dengan cara kerja menyerupai indera penciuman manusia yang dapat mengidentifikasi kebocoran. Teknologi yang kedua adalah pipe tracking yang berguna untuk menelusuri pipa gas dengan menggunakan sensor jarak.

BRILIO VIDEO

Cara Tak Tertular Saat Musim Flu Dan Batuk
Sebelum kena flu atau batuk, baiknya intip cara agar tak mudah tertular penyakit yang sering menyerang di musim hujan tersebut ya guys.

Saat ini 3 mahasiswa pencetus robogas ini berencana untuk menawarkan robot buatan mereka pada beberapa pabrik gas di Indonesia yang diketahui masih menggunakan cara konvensional. Selain itu mereka juga berencana untuk menjadikan robogas sebagai media pembelajaran siswa-siswi SMK dalam mempelajari teknologi mobil robot.

Tidak lupa juga mereka akan membuat buku tersendiri terkait panduan membuat robot detector gas, karena ternyata teknologi robogas buatan mahasiswa ini sendiri sudah pernah diterbitkan dalam jurnal teknologi internasional.

(brl/gib)

YOU MAY ALSO LIKE

Cowok Pintar vs Cowok Tajir
Kira-kira kalau harus milih, cewek lebih suka cowok pintar atau cowok tajir, ya? Yuk, cari tahu pendapat mereka hanya di Brilio.net!
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Keren, 3 mahasiswa ini ciptakan robot pendeteksi kebocoran pipa gas.
Mereka memiliki ide untuk menciptakan teknologi baru yang bernama Robogas.
https://www.brilio.net/news/keren-3-mahasiswa-ini-ciptakan-robot-pendeteksi-kebocoran-pipa-gas-1503224.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?