Brilio.net - Pemerintah menetapkan Kepulauan Anambas sebagai Kawasan Wisata Laut Nasional. Hal itu lantaran memiliki keindahan yang dapat menarik perhatian wisatawan.

"Tahun 2016 mulai dibangun infrastruktur dasar seperti pelabuhan, jembatan dan jalan di beberapa pulau yang akan dikembangkan sebagai kawasan wisata," kata Kepala Bidang Sumber Daya Kelautan Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kepulauan Riau, Ediwan di Tanjungpinang, Minggu (20/12).

Dia mengemukakan sebagian wilayah Kepulauan Anambas ditetapkan sebagai kawasan konservasi laut. Kawasan tersebut dipersiapkan untuk pembangunan tempat wisata berkelas dunia.

Pengelolaan kawasan di pulau-pulau yang dikembangkan menjadi tanggung jawab warga setempat. Warga memelihara dan mengelola aset yang telah dibangun pemerintah.

"Selain memelihara dan memanfaatkan aset yang dibangun pemerintah, warga juga akan mengembangbiakkan penyu," terangnya dilansir Antara.

Loading...

Ediwan menjelaskan konservasi perairan diperlukan untuk menjaga agar pemanfaatan sumber daya alam hayati dapat berlangsung dengan sebaik-baiknya, sehingga sumber daya alam hayati dan ekosistemnya selalu terpelihara dan mampu mewujudkan keseimbangan dalam pemanfaatan yang berkesinambungan.