Brilio.net - Setiap Senin siswa sekolah punya kewajiban upacara bendera. Sebetulnya alasan apa yang mendasari upacara bendera jatuh pada hari Senin, bukan hari lainnya? Jika merujuk pada hari kemerdekaan, sepertinya tidak.   

Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 bertepatan dengan hari Jumat bukan hari Senin. Nah, berdasarkan hal ini, seharusnya upacara bendera dilaksanakan pada hari Jumat.

Kenapa upacara bendera itu setiap hari Senin?

Lalu kenapa upacara bendera tetap dilakukan pada hari Senin? Pertanyaan seperti ini juga muncul di benak salah seorang pengguna jejaring Kaskus dengan nama akun Pkrz. Setelah melakukan penelusuran kecil, alasan-alasan berikut ini mungkin bisa menjawab pertanyaan kenapa upacara bendera harus dilakukan di hari Senin.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Hari Senin adalah hari pertama setelah liburan akhir pekan

Kenapa upacara bendera itu setiap hari Senin?

Senin adalah hari pertama memulai kegiatan setelah libur akhir pekan. Tubuh dan pikiran diasumsikan sudah beristirahat pada hari sebelumnya. Senin adalah awal siswa sekolah masuk setelah libur hari minggu. Awal pekan dirasa layak untuk mengisi nilai-nilai nasionalisme.

Selain itu, kita bisa mengingat pahlawan yang dulu berjuang dan kitapun bakal berjuang selama seminggu karena tugas menjalankan sekolah atau kerja selama seminggu.

2. Hari Jumat sudah mulai kehilangan semangat

Kenapa upacara bendera itu setiap hari Senin?

Apa sih yang ada pikirkan pada hari Jumat? Mulai dari pulang cepat, rencana jalan-jalan saat libur akhir pekan, dan sudah hilang semangat buat belajar. Menjalani rutinitas dari Senin sampai Kamis itu melelahkan bagi banyak orang. Jadi sudah bisa ditebak jika upacara bendera dilakukan di hari Jumat bakal berkurang manfaat dari upacaranya, yaitu rasa nasionalisme.

3. Sudah menjadi Kewajiban

Kenapa upacara bendera itu setiap hari Senin?

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mewajibkan semua sekolah, baik negeri maupun swasta untuk menggelar upacara bendera setiap hari Senin. Kemendikbud akan memberikan sanksi bagi sekolah yang melanggar aturan tersebut.

(brl/ani)

(brl/ani)