Brilio.net - Dunia hiburan tanah air sedang dilanda duka yang mendalam dengan kematian artis sekaligus komedian Olga Syahputra. Olga dikabarkan sakit dan mengalami rawat intensif di rumah sakit Mount Elizabeth hingga meninggal dunia pada hari Jumat (27/3) pukul 17.17 waktu Indonesia.

Kepergian Olga menyimpan banyak tanya, apa penyebab yang kematian dari presenter musik 'Dahsyat' ini. Setahun terakhir, Olga memang diberitakan mengindap penyakit meningitis. Penyakit meningitis sendiri merupakan radang pada membran pelindung yang menyelubungi otak dan sumsum tulang belakang.

Penyakit yang juga diakibatkan oleh virus dan jamur ini tentu sangat berbahaya sebab mampu melumpuhkan kerja otak bahkan penderitanya dapat mengalami gagal ginjal.

Mencegah lebih baik dari mengobati, rasanya pepatah ini memang perlu kita perhatikan. Jangan sampai ternyata tubuhmu terserang penyakit yang cukup mematikan seperti meningitis. Lalu bagaimana mengetahui ciri-ciri dari penyakit meningitis?

Berikut ini adalah ciri-ciri awal dari penyakit meningitis yang dihimpun oleh brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (28/3).

Loading...

1. Sakit kepala hebat

Gejala dari penyakit ini yang paling sering dijumpai adalah sakit kepala yang berlebihan. Hal ini dikarenakan bakteri yang menyerang pada syaraf otak. Jadi jika kamu mengalami sakit kepala yang cukup hebat dan tidak biasa, maka ada baiknya kamu memeriksakan diri segera ke rumah sakit.

2. Demam tinggi tiba-tiba

selain sakit kepala, demam tinggi yang terjadi secara tiba-tiba juga menjadi ciri-ciri awal dari penyakit meningitis. Hal ini dapat terjadi sebab bakteri yang masuk kedalam tubuh tidak hanya menyerang sistem saraf tapi juga menyerang sistem kekebalan tubuh.

3. Nyeri

Kesemutan atau merasa ngeri pada persendian juga merupakan ciri-ciri dari meningitis.Persendian yang sering dirasanya nyeri adalah pada bagian tangan atau tumit. 

5. Muntah atau mual

Efek yang juga mudah dideteksi dari orang yang terserang meningitis adalah seringnya dia merasa mual dan ingin muntah.

6. Bintik-bintik merah di kulit

Ciri lainnya yang dapat dideteksi adalah timbulnya bintik-bintik merah pada kulit. Bintik-bintik merah tersebut tersebar diseluruh tubuh.

7. Kaku pada bagian leher

Penyakit meningitis selain disebabkan oleh virus, ternyata juga disebabkan oleh bakteri. Karena bakteri yang masuk kedalam imut kekebalan tubuh ini maka akan terjadi peningkatan tonus otot leher yang akan mengakibatkan kekakuan.

Nah, setelah mengetahui ciri-ciri dari penyakit mematikan seperti meningitis, layaknya kamu perlu lebih berhati-hati lagi.