Brilio.net - Lasem, kawasan yang masuk Kabupaten Rembang, Jawa Tengah punya potensi wisata heritage yang patut digali. Daerah yang biasa disebut Kota Tiongkok Kecil ini dulunya menjadi tempat tinggal para Tionghoa. Ada banyak peninggalan Tionghoa di daerah tersebut yang masih ada sampai saat ini. Para peranakan Tionghoa juga masih banyak yang menghuni kawasan yang sering disebut daerah Pecinan ini.

Beberapa tempat yang bisa dikunjungi di Lasem adalah Kelenteng Cu An kiong, Omah lawang Ombo, masjid Jami Lasem, kampung Batik Karangturi, dan masih banyak spot lain yang ada di Lasem. Tak hanya itu, Lasem juga akan memanjakan mata dengan bangunan-bangunan khas kawasan Pecinan yang menjadi peninggalan para Tionghoa.

Baskoro, salah satu penggerak wisata Lasem menyebutkan, saat ini masyarakat Lasem sedang tergerak untuk melestarikan warisan budaya yang ada di Lasem. "Dari komunitas Kesengsem Lasem, warga Lasem terutama Desa Karangturi sangat bergairah untuk mengenalkan Lasem serta melestarikan sekaligus mengangkat potensi yang ada," kata Baskoro saat ditemui di sela-sela pembukaan pameran bertajuk #KesengsemLasem, Senin (11/4).

Bertempat di Tirana House, Jalan Suryodiningratan 55 Yogyakarta, pameran ini memamerkan foto-foto yang menceritakan pesona Lasem sehingga layak menjadi heritage trail. Foto-foto tersebut merupakan foto-foto hasil jepretan fotografer National Geographic Indonesia Feri Latief.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

kesengsem lasem © 2016 brilio.net

kesengsem lasem © 2016 brilio.net

Selain foto-foto, pada pameran tersebut juga memamerkan batik Lasem dan video yang menunjukkan potensi Lasem yang patut dilestarikan. Pameran akan berlangsung 11 April hingga 11 Mei 2016.

(brl/swh)

-