Brilio.net - Tidak ada yang meragukan kapasitas Almarhum Adnan Buyung Nasution atau yang akrab dipanggil Bang Buyung sebagai pengacara terbaik di negeri ini. Beliau merupakan salah satu pengacara paling senior, sekaligus pendiri Lembaga Bantuan Hukum (LBH). Kini LBH diriannya telah berubah Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) yang membawahi LBH se-Indonesia.

Nama asli Bang Buyung adalah Adnan Bahrum Nasution. Buyung adalah panggilan akrannya sejak dulu. Dia juga kerap menuliskan namanya dengan Adnan B. Nasution lama kelamaan 'B' tersebut termaknai Buyung.

Sepak terjang Bang Buyung di negeri ini tak diragukan lagi. Dia pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden di era Susilo Bambang Yudhoyono. Nah, berikut inilah 5 kasus besar yang pernah ditangani oleh Almarhum Bang Buyung

1. Kasus korupsi Tubagus Chaeri Wardana

Kasus fenomenal ini pernah ditangani Bang Buyung

Loading...

Adik Gubernur Banten Ratu Atut terseret kasus korupsi penyuapan terhadap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar. Kasus ini mengantarkan Tubagus ke vonis 7 tahun kurungan. Adnan Buyung menjadi pengacara Wawan, dalam kasus  

2. Kasus korupsi Anas Urbaningrum

Kasus fenomenal ini pernah ditangani Bang Buyung

Bang Buyung juga mendampingi mantan Ketua umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum ketika menghadapi persidangan di tingkat pertama. Anas divonis hukuman 8 tahun pidana penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) karena terbukti korupsi dalam proyek Hambalang dan juga pencucian uang. Di tingkat kasas, hukuman Anas diperberat menjadi 14 tahun penjara.

3. Kasus penggelapan pajak Gayus Tambunan

Kasus fenomenal ini pernah ditangani Bang Buyung

Kasus fenomenal yang pernah ditangani Bang Buyung adalah kasus penggelapan pajak Gayus Tambunan. Gayus kemudian jadi klien almarhum Bang Buyung untuk mengungkap mafia-mafia pajak lain di balik kasusnya itu. Bang Buyung mendampingi Gayus di pengadilan tingkat pertama.

4. Kasus Cicak - Buaya jilid I

Kasus fenomenal ini pernah ditangani Bang Buyung

Gara-gara buku yang diluncurkan Pengacara OC Kaligis, pimpinan KPK saat itu Bibit Samad Riayanto dan Chandra Hamzah diperiksa oleh Polri. Keduanya sempat ditahan oleh pihak kepolisian. Almarhum Bang Buyung menjadi salah satu tim pengacara Bibit & Chandra. Meski pada akhirnya kasus tersebut dihentikan demi kepentingan publik.

5. Kasus dugaan korupsi OC Kaligis

Kasus fenomenal ini pernah ditangani Bang Buyung

Ada lagi kasus yang menggemparkan publik, yakni pengacara kondang OC Kaligis terlibat kasus dugaan korupsi suap terhadap Hakim PTUN Medan. Almarhum Bang Buyung menjadi salah satu anggota tim penasihat hukum. Saat ini kasus tersebut sudah memasuki tahap persidangan di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi.