Brilio.net - Daan Roosegaarde, pemuda asal Belanda menciptakan inovasi jalan yang bercahaya di malam hari.

Pemuda kelahiran Nieuwkoop, Belanda ini adalah salah satu kandidat terpilih Talent of The Year 2015 oleh Kuntsweek dan juga menjadi jawara dalam kompetisi desain inovatif dunia.

Dia adalah pembuat ide-ide cerdas terkait jalan bercahaya yaitu Smart Highway, Van Gogh Path, Marbels dan Wind Light. Ide-ide itu sangat mudah dan sangat baik bila diaplikasikan di jalanan Indonesia.

Smart Highway merupakan alternatif penerangan jalan yang sangat hemat energi dan tidak membutuhkan biaya yang mahal, dan bisa dikembangkan hingga pelosok desa.

Seperti dilansir studioroosegaarde, Smart Highway adalah sebuah ide membuat jalan umum yang dirancang dengan memberi garis tepi di kanan kirinya, dengan menggunakan cat khusus yang mampu menyala di malam hari, sehingga sangat memudahkan pengguna jalan disaat gelap gulita melihat arah jalan.

Ide ini terinspirasi dari Jelly Fish atau gurita yang mampu menyala di dalam air meski tanpa listrik atau tanpa panel surya.

Hal ini tentunya memudahkan pengguna jalan, terutama di jalan-jalan yang jauh dari energi listrik dapat mengendarai kendaraan lebih mudah dengan bisa melihat cahaya yang bersinar dari garis tepi jalan.

Cat khusus yang digunakan dapat menyerap energi panas matahari pada siang hari, dan mampu memantulkan cahaya atau berkilau dalam gelap pada malam harinya hingga 10 jam. Penggunaan cat ini pada garis tepi jalan raya menyebabkan garis tersebut berpendar pada malam hari.

Karya inovatif ini sudah banyak mendapatkan penghargaan. Smart Highway bisa kita temui di sebuah kota Provinsi Brabant Netherlands sebagai proyek percontohan.

Intip videonya berikut ini: