Brilio.net - Namanya buang air besar (BAB) sudah menjadi kegiatan wajib setiap orang di dunia. Tak terkecuali para hewan sekalipun. Normalnya adalah sehari dua kali yakni pagi hari dan malam hari.

Meski begitu ada suatu saat kamu akan merasakan susahnya buang air besar. Penyebabnya macam-macam, mulai dari makan yang tidak teratur hingga kurangnya asupan sayuran. Susah buang air besar tentunya akan menyiksa sekali. Nah biar BAB-mu bisa lancar, mending kamu konsumsi 14 makanan ini deh yang sudah brilio.net kumpulkan dari health.com, Jum'at (6/11):

1. Plum kering

foto : telegraph.co.uk
Plum memiliki bentuk yang mirip dengan kurma. Jika kamu mengonsumsi plum setiap hari dipercaya mampu memperlancar BAB karena mengandung banyak serat.

2. Kiwi

foto : health.com
Kiwi merupakan buah rendah gula dimana dalam satu buahnya mengandung 5 gram serat yang dapat membuat BAB kamu lancar. Selain itu kiwi juga banyak mengandung vitamin C.

3. Popcorn

foto : health.com
Popcorn ternyata tak hanya sebagai camilan nonton film saja. Namun juga bisa untuk memperlancar BAB karena mengandung lebih banyak serat dari camilan lainnya seperti keripik kentang.

4. Air putih

foto : cleanwateraction.org
Minum air putih teratur bisa menjadi obat paling ampuh bagi sembelit. Air membantu kotoran untuk lebih mudah bergerak dari usus besar. Jika dehidrasi kotoran akan sulit keluar karena menumpuk di usus besar.

5. flaxseeds

foto: health.howstuffworks.com
Jika dilihat sekilas, flaxseeds terlihat menyerupai biji bunga matahari, padahal bukan. Flaxseed merupakan jenis biji-bijian yang berwarna merah dan agak kecoklatan. Menambah satu sendok flaxseeds ke dalam smoothie dan oatmeal bisa membantu memperlancar BAB.

6. Jeruk

foto : health.com
Jeruk ternyata tak hanya mengandung vitamin C saja namun juga memiliki 4 gram serat dalam setiap buahnya. Serat ini nantinya dapat mengurangi penyakit sembelitmu.

7. Oatmeal

foto : health.com
Oatmeal mengandung serat larut dan tidak larut. Dimana serat larut dapat membantu ginjal untuk melembutkan makanan sehingga mudah dikeluarkan. Sedangkan serat tidak larutnya membantu makanan lebih cepat bekerja di lambung dan usus besar sehingga cepat menjadi kotoran.

2 dari 2 halaman



8. Nasi

foto : health.com
Menurut penelitian jepang, orang yang rutin makan nasi setiap hari memiliki peluang 41 persen terhindar dari penyakit sembelit.

9. Jus lidah buaya

foto : health.com
Lidah buaya ternyata mengandung banyak serat yang mampu berfungsi sebagai obat pencahar untuk penderita sembelit.

10. Bayam

foto : health.com
Satu genggam bayam mengandung 4 gram serat dan magnesium. Hal ini bagus untuk membantu usus besar dalam merubah zat sisa menjadi kotoran.

11. Kacang-kacangan

foto : health.com
Selain memiliki banyak serat, kacang juga membantu mengusir bakteri dalam saluran pencernaan. Kacang juga mampu mengurangi rasa kembung dan kentut berlebih.

12. Kacang panjang

foto : health.com
Jika kacang biasa terlalu keras bagimu, mungkin bisa diganti dengan kacang panjang. Kacang panjang juga mengandung banyak serat sehingga mengurangi rasa sembelit.

13. Yogurt

foto : womenshealthmag.com
Yogurt mengandung probiotik yang dapat membantu frekuensi buang air besar. Selain itu yogurt juga dapat memperlancar saluran usus dari segala bakteri.

14. Kopi

foto : health.com
Jika kamu mengalami sembelit, coba deh meminum secangkir kopi. Para ahli percaya bahwa kopi dapat merangsang kontraksi otot di usus sehingga membuat kotoran cepat keluar.