Brilio.net - Uang itu barang 'panas'. Setuju? Maksudnya adalah uang bisa membuat kita kalap alias boros karena keinginan yang bisa dibilang tak pernah terpuaskan. It's a normal thing, guys. Tapi tetap saja ada kebutuhan yang kamu prioritaskan.

Nah, dalam artikel sebelumnya yang berjudul 'Sia-sia kalau kamu menghabiskan uang cuma untuk 5 hal ini', berisi 5 hal yang tidak pantas menguras kantongmu, maka sekarang kebalikannya.

Seperti dikutip brilio.net dari lifehack.org, Senin (27/4), berikut 5 hal yang pantas mendapatkan kucuran dana dari dompetmu.

1. Pendidikan
Tidak ada perasaan lain di dunia ini yang dapat dibandingkan dengan perasaan mulai bisa memahami bahasa lain tanpa berpikir tentang hal itu. Meskipun mungkin kelas bahasa sangat mahal, tapi dia pantas kita pelajari. Mengambil kelas tentang budaya yang berbeda, agama dan profesi yang berbeda, akan membuat pikiran kita terbuka.

Hal tersebut bukan berarti kita perlu mengkonversi agama atau mengubah pekerjaan kita. Ini artinya kita hanya masuk ke kelas tersebut dengan pikiran terbuka untuk menambah wawasan. Siapa tahu bisa berguna suatu hari. Bukankah tidak ada yang sia-sia, terutama terkait ilmu atau pendidikan?

2. Jalan-jalan
Jalan-jalan merupakan pengalaman yang berharga. Dia menciptakan banyak memori sepanjang hidup kita, tak peduli itu memori buruk atau baik. Bahkan sekalipun memori itu buruk, kita tak jarang menertawakannya pada waktu selanjutnya, setelah kejadian itu berlalu.

Jalan-jalan keliling Indonesia atau dunia mungkin menguras kantongmu, padahal kamu menginginkan mobil atau gadget terbaru. Tapi percayalah, jalan-jalan akan semakin membuka pikiranmu dan yang pasti, menambah saudara.

3. Musik
Belajar memainkan alat musik adalah awal yang bagus untuk kamu jadikan tradisi dalam keluarga. Kelak jika kamu berkeluarga, kamu bisa mengajarkan kepada anak-anakmu dan membuat kenangan indah bersama mereka. Atau semisal kamu tidak bisa memainkan alat musik pun, kamu bisa menikmati dan mengoleksi lagu-lagu dari penyanyi idolamu. Bisa jadi hobi unik tersendiri bukan, untukmu maupun keturunanmu kelak.

Musik itu universal. Apa pun genrenya, banyak orang menikmatinya. Bahkan orang-orang juga tak jarang mengaitkan musik dengan kenangan yang mereka alami selama ini. Manis, bukan? Dan, musik tak lekang oleh zaman. Kamu tetap bisa 'mengabadikannya' kapan pun.

4. Buku
Buku selalu memiliki makna tersendiri bagi setiap pembacanya. Hal ini melibatkan pengalaman yang berbeda tentang imajinasi setiap pembaca terhadap kata demi kata dan kalimat demi kalimat yang ditulis penulisnya. Buku juga bisa menjadi warisan berharga dari generasi ke generasi. Tak heran buku disebut sebagai jendela dunia-dunia masa kini, masa lalu, masa depan (misalnya prediksi teknologi tentang kecanggihan masa depan).

5. Makanan
Pada poin ini bukan sekadar kamu menghabiskan uang untuk membeli makanan. Tapi kamu gunakan untuk mengambil kursus masak. Boleh masakan dalam negeri maupun luar negeri. Selain bisa menambah keterampilan, siapa tahu bisa dijadikan ladang usaha, bukan?

Nah, tapi kalau kamu memang hobi kuliner, silakan kamu sisihkan penghasilanmu untuk mencicipi berbagai jenis masakan nusantara maupun dunia. Selain menambah pengalaman, kamu bisa belajar bahwa keberagaman makanan bisa mengajarkan kita keberagaman dalam hidup ini. Dengan begitu, kita bisa menghargai segala perbedaan yang ada.

Baiklah, guys, siap memilih kelima atau beberapa dari 5 hal di atas? Tapi guys, yang terpenting adalah kamu bisa menjaga 'kesehatan' keuanganmu sambil menyeimbangkan memenuhi kebutuhan maupun piknik. Selamat mencoba!