Brilio.net - Nama Kampung Wijilan tentu tidak asing lagi bagi para wisatawan yang bertandang ke Yogyakarta. Kampung ini terletak di sebelah timur Alun-alun Utara Yogyakarta dikenal sebagai sentra gudeg, makanan khas Yogyakarta.

Sepanjan jalan Wijilan, kamu akan mendapati jajaran warung gudeg. Wajar saja, kampung Wijilan menjadi saksi perkembangan warung gudeg di Yogyakarta.  Sebagian besar pengunjung sudah memiliki warung favorit.

Dulunya daerah Kampung Wijilan ini menjadi jeron beteng, artinya masuk dalam kompleks Kraton Yogyakarta, yang ditinggali oleh keluarga abdi dalem."Gudeg adalah salah satu makanan khas keluarga kraton membuat para istri abdi dalem memiliki kemampuan membuat gudeg," jelas Susanti, pedagang di warung gudeg di Kampung Wijilan kepada brilio.net, Kamis (27/8).

Keberadaan Kampung Wijilan sebagai sentra gudeg di Jogja sudah ada sebelum deklarasi kemerdekaan Indonesia. Pada tahun 1942, seorang wanita yang bernama Bu Slamet berinisiatif untuk mendirikan warung gudeg untuk pertama kalinya di daerah Wijilan. Warung Bu Slamet kemudian disambut baik oleh masyarakat, lalu muncul wrung-warung gudeg lainnya salah satunya, warung gudeg bu Djuwariah yang lebih populer dikenal dengan nama gudeg Yu Djum.

Pasang surut usaha gudeg pun sempat dialami oleh warung gudeg yang ada di kampung Wijilan. Pada tahun 1980-an warung gudeg Campur Sari harus tutup. Butuh waktu 13 tahun baru kemudian warung gudeg di kampung tersebut menjadi ramai seperti saat ini tepatnya pada tahun 1993.  Makanan dengan citarasa manis dan gurih ini kini menjadi incaran para pengunjung yang sedang berwisata di Jogja.

Loading...

Semakin tingginya permintaan pengunjung untuk menjadikan gudeg sebagai buah tangan membuat para pemilik warung berinovasi. Pembuat gudeg menjajal membuat gudeg kering yang bisa tahan lama dalam kemasan kaleng. Siapa sangka bahwa hal itulah yang membuat gudeg di Kampung Wijilan semakin digemari.

Selain itu, Kampung Wijilan  juga mudah untuk diakses dari pusat kota dengan menggunakan becak atau andong hanya membutuhkan waktu 15 menit saja. Memiliki rencana berkunjung ke Jogja? Kampung Wijilan salah satu tempat yang tidak boleh kamu lewatkan.