Brilio.net - Berat badan memang masih menjadi sumber masalah tiap orang, terutama cewek, apalagi mereka yang berlebihan. Berbagai macam cara ditempuh untuk menurunkan angka timbangan. Mulai dari yang alami hingga metode lainnya dicoba untuk menjadi langsing.

Akan tetapi ada resep yang ketinggalan saat diet untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian mengungkap bahwa orang yang merasa dirinya gendut, bisa jadi gendut beneran sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari Big Think, Rabu (12/8).

Studi ini dilakukan terhadap 14.000 orang berkewarganegaraan Amerika Serikat dan Inggris. Rentang umur dari responden tersebut berkisar antara 23-45 tahun.

Penelitian ini merupakan riset jangka panjang yang memerlukan waktu 10 tahun. Dalam kurun waktu tertentu, peneliti menganalisis berat badan masing-masing responden dan bagaimana mereka menganggap dirinya, apakah kurus atau gendut.

Sang peneliti, Eric Robinson, mengonfirmasi bahwa orang yang percaya bahwa dirinya gendut, maka orang tersebut memiliki risiko obesitas yang tinggi. Hal ini terjadi karena karena orang yang memiliki kepercayaan tersebut menjadi stres dan memilih gaya hidup yang tidak sehat. Akibatnya, mereka bisa terkena obesitas.

Loading...

Studi dari Liverpool University ini juga mengonfirmasi bahwa faktor sosial juga mempengaruhi persepsi seseorang terhadap berat badannya. Apalagi, banyak masyarakat yang memberikan stigma yang berbeda terhadap orang yang kelebihan berat badan.

Jadi, jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamu harus percaya bahwa kamu itu kurus dan bisa kurus. Semangat guys!