Pelajaran matematika kebanyakan menjadi momok menakutkan bagi anak-anak zaman sekarang. Namun Esther Okade justru merasa kebalikannya, dia amat sangat mencintai pelajaran hitung-hitungan ini. Bahkan secara mengejutkan dia telah diterima di sebuah universitas Inggris jurusan matematika di usianya yang masih amat belia yakni 10 tahun.

Esther memang sudah menunjukkan minat besar pada matematika sejak ia kecil. Ibunya akhirnya mendaftarkannya untuk mengikuti home-schooling bersama guru yang memang sudah ahli di bidang hitung-hitungan. Selama ini dia sama sekali tidak pernah masuk ke sekolah umum seperti anak-anak kebanyakan.

“Ketika umur 4 tahun, saya sudah mengajarinya alfabet, angka, penambahan, pengurangan, pembagian dan perkalian,” cerita Mrs Okade (37), ibu Esther, seperti dilansir dari Dailymail. “Saat dia berumur 7 tahun, dia sudah mengemukakan keinginannya untuk masuk universitas.”

Sang ibu awalnya merasa takut Esther tidak bisa menikmati masa kecilnya karena kesenangannya terhadap matematika terlalu besar. Namun ketika melihat dia mendapatkan nilai sempurna di semua tes matematika, akhirnya Mrs Okade mengijinkan ia untuk mendaftarkan diri ke universitas jurusan matematika di usia 10 tahun.


Esther diterima di sebuah universitas terbuka Inggris pada Agustus 2014 setelah mengikuti tes tulis, essay dan wawancara. Dia mulai masuk kuliah pada bulan Desember dan berencana akan meneruskan ke jenjang lebih tinggi PhD seusai studi S1 selesai.