Brilio.net - Olahraga memang dibutuhkan manusia untuk menjaga kesehatan. Seiring perkembangan zaman olahraga pun berubah menjadi sebuah gaya hidup. Seperti yang dijelaskan Prof. Sunyoto Usman, Sosiolog Universitas Gadjah Mada Yogyakarta masyarakat modern saat ini memiliki simbol-simbol status dalam diri mereka.

Ini bisa dilihat dari pakaian, makanan bahkan olahraga yang mereka sukai."Mereka yang memilih olahraga-olahraga mahal sedang mengidentifikasi diri mereka sebagai kelas atas," jelas Sunyoto kepada brilio.net, melalui sambungan telepon Selasa (24/11).

Nah, apa saja sih olahraga mahal yang nggak cuma bikin sehat badan tapi juga membuat orang-orang yang melakoninya jadi "naik kelas" ? Berikut penjelasannya.

1. Golf

Jenis olahraga ini tak hanya bikin sehat tapi juga 'naik kelas'foto: merdeka.com

Loading...

Kamu sudah tentu pernah mendengar nama olahraga ini. Golf adalah olahraga dengan menggunakan pemukul khusus yang disebut stick untuk memukul bola agar masuk ke lubang atau hole. Olahraga ini biasanya dilakukan di lahan yang luas dan sudah dirancang  khusus.

Olahraga ini identik dengan "kelas atas" karena biaya dan alat-alatnya yang tidak murah. Seperti informasi yang diperoleh brilio.net dari sebuah penyedia fasilitas lapangan golf di Yogyakarta, biaya per orang di weekday sekitar Rp 800.000 dan saat weekend Rp 1.100.000 per orang. Harga yang cukup besar bukan untuk masyarakat kalangan menengah ke bawah?

2. Balap mobil

Jenis olahraga ini tak hanya bikin sehat tapi juga 'naik kelas'foto: http://gambar.otomotifnet.com

Balap mobil atau balap F1 bukan dilakukan oleh sembarangan kalangan. Bayangkan saja kamu yang ingin menekuni olahraga ini paling tidak harus memiliki mobil balap yang harganya bisa sampai miliar-an. Biaya untuk kursusnya pun juga nggak murah. Jadi setuju jika olahraga ini identik dengan "kelas atas" ?

3. Berkuda

Jenis olahraga ini tak hanya bikin sehat tapi juga 'naik kelas'foto: http://sport.dreamers.id

Olahraga berkuda ini jangan kamu kira murah ya Guys. Untuk membeli kuda beserta perawatan dan biaya untuk mendapatkan skill berkuda pun nggak murah."Hal-hal yang dilakukan yang nggak bisa dijangkau oleh semua kalangan itu bisa disebut sebagai simbol kekayaan, seperti halnya dengan olahraga yang membutuhkan fasilitas dan skill khusus seperti ini," tutur dosen Jurusan Sosiologi UGM ini.

4. Polo

Jenis olahraga ini tak hanya bikin sehat tapi juga 'naik kelas'foto: http://www.luxury-spirit.com

Nah olahraga ini identik dengan putra-putra bangsawan maupun kaum sosialita. Olahraga polo ini butuh banyak banget perlengkapan yang nggak murah harganya. Dari mulai kuda, pelana kuda, helm, sepatu boot, tongkat pemukul, serta pelindung lutut.

5. Kriket

Jenis olahraga ini tak hanya bikin sehat tapi juga 'naik kelas'foto: http://konijawatimur.com

Tidak semua kalangan bisa melakukan olahraga ini. Sebuah paket perlengkapan untuk olahraga ini yang berisi dua tongkat pemukul, delapan buah bola, serta beberapa perlengkapan tambahan lainnya dibanderol sekitar Rp 66.7 juta. Mahal? Menurut kamu Guys?

6. Ice Skating

Jenis olahraga ini tak hanya bikin sehat tapi juga 'naik kelas'

foto: usatq.files.wordpress.com/

Jika kamu ingin menjadi seorang atlet ice skating kamu harus mengeluarkan biaya ratusan juta untuk pelatihannya sendiri. Belum lagi sepasang sepatu khusus dan kostum yang menarik untuk pertandingan. Makanya kamu yang punya skill dan hobi bermain ice skating pasti berasal dari kalangan atas.

Nah, kalau kamu tertarik buat mencoba olahraga yang mana?