Brilio.net - Suasana Ramadan sangat akrab dengan buah kurma. Namun kebanyakan orang, setelah memakan buah kurma ini, mereka membuang bijinya. Padahal biji kurma bisa diolah menjadi kopi yang ajib rasanya.

Nih berikut brilio.net jelaskan tentang tata cara mengolah biji kurma menjadi kopi, yang disarikan dari berbagai sumber, Minggu (5/7):

1. Cuci dan tiriskan biji kurma

Jangan buang biji buah kurma, kamu akan nyesel kalau tahu ini
Cuci biji kurma tanpa menggunakan sabun dan sejenisnya, karena sabun sangat berbahaya jika terkonsumsi. Gunakan saja sikat gigi baru untuk dan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa daging kurma yang masih tertinggal.

2. Taruh dalam baki dan jemur seharian di bawah sinar matahari

Jangan buang biji buah kurma, kamu akan nyesel kalau tahu ini
Penjemuran biji kurma dilakukan untuk menghilangkan kadar air di dalamnya, hendaknya penjemuran dilakukan di tempat yang aman dan terhindar dari kotoran sehingga kebersihan dari biji kurma yang dijemur terjaga.

3. Goreng biji kurma tersebut dalam wajan tanpa minyak sampai hangus dan mengeluarkan aroma seperti kopi

Jangan buang biji buah kurma, kamu akan nyesel kalau tahu ini
Tujuan dari penggorengan tanpa minyak (penggongsengan) ini bertujuan untuk membunuh parasit-parasit yang mungkin menempel sewaktu proses penjemuran dan juga untuk mematangkan biji kurma.

4. Tumbuk atau blender biji kurma tersebut dan terciptalah bubuk kopi (kurma) yang siap diseduh untuk di minum

Jangan buang biji buah kurma, kamu akan nyesel kalau tahu ini

Setelah proses penggorengan tanpa minyak (gongseng) lalu tumbuk atau blender biji kurma tersebut dan masukkan dalam toples.

Secangkir kopi biji kurma biasanya menghabiskan 10 keping biji kurma (jika menggunakan cangkir kopi). Untuk memperoleh rasa yang lebih enak kita bisa menambahkan susu atau madu. Kopi biji kurma tetap enak dikonsumsi meskipun tanpa susu dan madu karena tidak terlalu pahit seperti kopi biasa.