×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jadi abdi dalem sejak umur 2 tahun, Rizky pernah salami presiden Ceko

View Image

0

BRILIO » News

Jadi abdi dalem sejak umur 2 tahun, Rizky pernah salami presiden Ceko

Rizky tak sempat bertemu ayahnya karena telah tiada sejak Rizky masih dalam kandungan.

31 / 08 / 2015

Brilio.net - Rizky Kuncoro Manik, siswa kelas TK ini memang anak yang unik. Di usianya yang sangat masih belia, Rizky sudah menjadi seorang abdi dalem Keraton Yogyokarta dan bahkan sudah diresmikan sejak pertengahan 2013 lalu. Tidak hanya menjadi abdi dalem termuda, Rizky juga sering mendapat perhatian khusus dari keluarga keraton karena usianya yang sangat belia.

Rizky yang lahir pada 27 Oktober 2008 ini setiap hari berangkat ke keraton bersama kakeknya, Suyatiman, yang juga seorang abdi dalem, lengkap mengenakan jarit, blangkon dan keris di belakangnya. Dengan menggunakan sepeda ontel, Rizky senantiasa membonceng kakeknya menuju keraton sepulangnya dari sekolah TK.

Jadi abdi dalem sejak umur 2 tahun, Rizky pernah salami presiden Ceko

Kakek Suyatiman mengatakan, Rizky sudah sejak lahir ikut bersamanya. Pasalnya abdi dalem cilik yang dikenal cukup pemalu ini tak sempat bertemu ayahnya karena telah tiada sejak Rizky masih dalam kandungan. Wajar saja jika Rizky menganggap kakek Suyatiman sudah seperti ayahnya sendiri.

Mengikuti jejak kakeknya yang ahli dengan perwayangan, Rizky sangat cakap menyebutkan tokoh-tokoh dalam perwayangan, padahal mungkin banyak orang dewasa tidak bisa menyebutkan nama-nama itu. Wajar saja jika Rizky sering jadi sorotan tamu-tamu keraton. Bahkan sewaktu Sri Sultan Hamengkubuwono X kedatangan tamu Václav Klaus, Presiden Ceko pada tahun 2012, Rizky langsung dipersilakan oleh Sultan berjabat tangan dengan Klaus.

Loading...

Jadi abdi dalem sejak umur 2 tahun, Rizky pernah salami presiden Ceko

Kakek Suyatiman menuturukan, Rizky sudah sering ikut bersamanya ke keraton sebagai abdi dalem sejak Rizky berusia 15 bulan. Selain mewarisi tradisi keluarganya yang sejak dulu juga seorang abdi dalem, Kakek Suyatiman mengaku ingin ngalap berkah kepada sang raja keraton serta andil dalam menjaga kelestarian budaya Jawa. Begitu juga Rizky yang memiliki pendirian yang sama.

"Pengen nguri-nguri budaya Jowo (ingin ikut menghidupkan atau menjaga kelestarian budaya Jawa)," tutur Rizky kepada brilio.net sambil malu-malu, beberapa waktu lalu.

Jadi abdi dalem sejak umur 2 tahun, Rizky pernah salami presiden Ceko

Rizky memang nampak gagah dengan pakaian khas abdi dalem tersebut, lengkap dengan keris kecil di punggungnya, semakin membuat orang terkagum-kagum dengan semangatnya. Di usianya yang sangat belia, Rizky sudah memberi teladan nyata bahwa hanya kita sendirilah bisa menjaga taridisi yang ada.

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more