Brilio.net - Jika kamu berpikir Kepulauan Jepang merupakan tempat paling rawan bencana di dunia maka kamu salah besar. Baru-baru ini para traveller menemukan pulau baru di Samudra Pasifik yang merupakan pulau paling rawan bencana sedunia.

Ya pulau tersebut bernama Pulau Krizo. Dikutip news.com, Sabtu (9/5), pulau pegunungan ini terletak di perbatasan negara Selandia Baru dan Australia. Pulau ini disebut paling rawan bencana karena sering diterpa berbagai peristiwa seperti tsunami, tanah longsor, bencana pertambangan, gunung meletus dan gempa bumi.

Inilah pulau paling rawan bencana di dunia

Dinamakan Krizo bukan tanpa sebab, karena Krizo sendiri berarti krisis. Meski rawan bencana namun tak dapat dipungkiri jika pulau ini menyimpan berbagai keindahan alam. Setiap tahunnya di bulan maret pulau ini dibuka untuk para backpackers.

Uniknya Pulau Krizo ini sebenarnya merupakan pulau buatan yang bertujuan sebagai tempat simulasi bencana. Lima tahun lalu didirikan organisasi Crisis Ready dimana pemerintah setempat mengundang tentara dan para siswa untuk berlatih penanganan bencana disana.

Bahkan baru-baru ini pemerintah setempat mengundang siswa dari University of Queensland untuk mengikuti kuliah simulasi bencana di Krizo selama 3 hari.