Brilio.net - Seminggu lagi umat islam di seluruh dunia akan melaksanakan puasa ramadan, tak terkecuali yang di Indonesia. Persiapan menjelang ramadhan juga tak luput dari stasiun radio di Tanah Air, sudah tak dimungkiri bakalan bermunculan program khusus yang memang dirancang selama ramadhan.

"Pasti ada program khusus menjelang ramadan, seperti kultum yang biasanya diisi oleh ustad, tokoh agama. Antusiasme yang tinggi dari pendengar, apalagi menjelang buka puasa" Ujar Yoga (37) Program Director Makobu Fm Malang kepada brilio.net, Jumat (12/6).

Yuk kita intip beberapa program khusus radio di Bulan Ramadhan yang brilio.net kumpulkan dari berbagai sumber dari berbagai daerah di Indonesia.

1. Kuis ramadan
Biasanya menjelang buka puasa bakalan ada kuis yang berhadiah uang tunai, pertanyaannya tentunya seputar ibadah ramadan.

2. Kultum
Ceramah agama mengenai keutamaan bulan suci ramadan yang biasanya dibimbing langsung oleh tokoh agama maupun perwakilan dari Departemen Agama. Program ini seringkali hadir saat menanti buka puasa.

3. Tadarus Al-Qur’an
Bacaan ayat suci Al-Qur'an langsung dari Mekah menjadi program yang sering diputar di siang hari.

4. Lagu islami
Kalau biasanya di siang bolong sering terdengar musik dangdut dan pop, pada bulan ramadan bakalan tergeser posisinya dengan lagu-lagu islami. Nuansa bualan puasa dengan lagu islami menjadi nilai lebih dalam menjalani ibadah puasa.

Masih banyak program lain yang mungkin belum disebut, bagaimana dengan radio di daerah kalian?