Brilio.net - Susah tidur merupakan salah satu hal yang sangat sering dirasakan oleh mahasiswa. Hal ini dikarenakan kebiasaan mahasiswa yang sering begadang larut malam mengerjakan tugas. Karena telah menjadi kebiasaan, tidak jarang mahasiswa baru bisa tidur jika larut malam meskipun tidak ada tugas kuliah.

Lalu apa yang dilakukan para mahasiswa jika susah tidur? Berikut hal-hal yang paling sering dilakukan.

1. Mendengarkan siaran radio

Ini yang dilakukan mahasiswa kalau susah tidur, kamu juga?

"Kalau susah tidur ya biasanya saya dengar radio, soalnya kalau tengah malam juga radio rame dengan beberapa obrolan mulai dari good news hingga curhatan, asik aja sih jadi pengantar tidur," ujar Astrid, mahasiswa kedokteran, Universitas Gadjah Mada.

Loading...

Mendengar siaran radio memang hal yang cukup menarik dilakukan saat susah tidur sebab bisa menambah wawasan sekaligus menjadi hiburan tersendiri.

2. Baca buku

Ini yang dilakukan mahasiswa kalau susah tidur, kamu juga?

Baca buku tentunya hal yang paling bermanfaat yang dialami oleh mereka yang susah tidur, hal ini tentunya sangat positif. "Saya biasanya baca buku kalau susah tidur, biar gak uring-uringan nggak jelas gitu," jelas Deni, mahasiswa Teknologi Pangan, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

3. Main game online

Ini yang dilakukan mahasiswa kalau susah tidur, kamu juga?

Main game online seperti dota atau dragon nest juga sering menjadi alternatif bagi mereka yang susah tidur. "Lebih milih main game online kalau lagi susah tidur daripada maksain diri tidur mending main game aja deh ntar kalau udah main beberapa level biasanya ngantuk," cerita Zaki, mahasiswa Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

4. Nonton film

Ini yang dilakukan mahasiswa kalau susah tidur, kamu juga?

Nonton film bisa menjadi pilihan yang tepat saat kamu susah tidur seperti yang sering dilakukan oleh Anto, "Biar susah tidurnya lebih nyenengin dan nggak galau biasanya sih saya milih nonton film aja." Mahasiswa Filsafat Universitas Gadjah Mada tersebut memang suka menonton film, jadi jika dia susah tidur dia akan menamatkan beberapa judul film. Gimana? kamu tertarik mencoba cara Anto jika susah tidur?

5. Mendengarkan musik

Ini yang dilakukan mahasiswa kalau susah tidur, kamu juga?

"Biasanya sih kalau susah tidur milih dengar musik Payung Teduh dan sawung Jabo, musik klasik dan liriknya asik dijamin bisa tidur, hehehe," cerita Fathul, mahasiswa Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yang dilakukan oleh Fathul juga bisa menjadi pilihan kamu yang susah tidur, siapa tahu setelah mendengarkan musik klasik kamu tidak lagi mengalami susah tidur.

6. Cek sosial media

Ini yang dilakukan mahasiswa kalau susah tidur, kamu juga?

Untuk urutan terakhir ini hampir seluruh anak muda yang susah tidur akan melakukan perjalanan ke dunia maya, mulai dari akun Facebook, Twitter, Instagram hingga Path. Jadi jika kamu ngeliat temanmu online larut malam bisa jadi dia sedang susah tidur. "Kalau tengah malam gak bisa tidur sih biasanya ngecek sosial media baik itu cuma sekedar cari informasi baru atau stalking juga sekali-kali," ujar Rini, mahasiswa farmasi, Universitas Gadjah Mada.

Itu dia hal-hal yang dilakukan oleh mahasiswa apabila mereka susah tidur. Kamu juga bisa melakukannya kalau sedang mengalami susah tidur biar nggak gelisah aja atau mungkin kamu punya cara yang lebih bagus dalam mengatasi susah tidur?