Brilio.net - Kalian yang pernah jalan-jalan ke Yogyakarta pasti pernah main ke jalan legendaris ini. Yak, Jalan Malioboro yang tersohor itu adalah salah satu tujuan utama para pelancong datang ke kota yang kerap disapa Jogja ini. Selain berbagai macam barang kerajinan tradisional dan suasananya yang cozy, di Jalan Malioboro tepatnya di seberang Istana Kepresidenan (Gedung Agung) terdapat Gembok Cinta yang mirip di Prancis.

Gembok Cinta ini dibuat oleh seniman I Made Arya Palguna dan diberi nama Digital Heart. Menurutnya, awal mula ide pembuatan Digital Heart ini saat ia bertemu belahan hatinya di kota gudeg itu. Dulu I Made pernah dipalak preman saat melintas di sekitar kawasan titik nol kilometer Malioboro. Karena kebetulan waktu itu tidak membawa uang, dia pun memberanikan diri untuk meminjam uang kepada seorang gadis yang ada di belakang pengamen, gadis tersebut akhirnya memberinya uang Rp 2.000.

Pertemuan itu ternyata membekas di hati I Made, ia terus terbayang-bayang paras dan kebaikan gadis yang telah menolongnya dari preman saat itu. Untungnya, sebelum berpisah dengan si gadis, ia masih sempat meminta alamat si pujaan hati agar kelak bisa mengembalikan uang yang dipinjamnya.

Dari yang tadinya tidak kenal, I Made menjadi sering bertemu dengan pujaan hatinya itu hingga beberapa waktu setelahnya mereka memutuskan menikah. Nah, Gembok Cinta Malioboro itulah monumen yang mengingatkan awal mereka bertemu. Romantis banget ya?

 

BACA JUGA HOT NEWS SEPUTAR JOGJA:

Mencicipi cilok fenomenal Alkid Jogja, dua jam langsung ludes!

Asrama para biksu di Candi Sari ini patut kamu kunjungi saat ke Jogja

Merayakan kembalinya 'serigala' Jogja bersama para 'koboi kota'

Ini tongkrongan gaya baru anak Jogja, ngopi berkualitas ala Spanyol!

Candi Kalasan bocor kemasukan air! Memangnya candi punya atap?

Mengintip konser rock cerdas ala Captain Jack, menggandeng 8 seniwati

Di warung ini kamu bebas pesan sambal, rekor 200 cabai!

Mencicipi racikan teh lokal istimewa di warung anak muda baru, Lokalti