Brilio.net - Pernah mendengar istilah "Kalau ada yang murah ngapain beli yang mahal"? Nah, mungkin itu dia sebabnya kenapa barang palsu atau kalau di Indonesia sering disebut barang KW itu laku keras. Kadang malah lebih laku dibanding barang aslinya.

Ingin punya barang serupa tapi tidak mampu beli, akhirnya konsumen rela beli barang yang serupa tapi lebih murah. Melihat calon pasar yang besar, kemudian produsen berusaha membuat barang serupa yang bisa dijual lebih murah untuk meraup pasar dan untung yang lebih besar lagi.

Nah, barang KW saja nggak sembarang KW lho! Barang KW juga ada tingkatannya. Mungkin kamu juga udah akrab dengan istilah KW Super, KW 1, dan KW-KW lainnya. Tapi apa kamu tahu perbedaannya? Setelah berbincang-bincang dengan para pedagang barang KW Selasa (27/10) kali ini brilio.net bakal ngasih tahu kamu. Apa sih perbedaan jenis-jenis barang KW?

1. KW Grade Ori atau biasa juga disebut KW Super Premium

Ini perbedaan KW grade ori, KW super, KW 1 kamu harus tahu

Loading...

KW Super Premium ini berada di bawah satu tingkat dari barang asli. Kadang barang ini juga berasal dari barang reject alias barang yang nggak memenuhi standar dan nggak lolos quality control. "Sebenarnya perusahaan biasanya punya peraturan kalau barang nggak memenuhi standar itu harus dimusnahkan, biar nggak dijual lagi," tutur Yoga salah satu penjual sandal gunung KW.

Tapi nggak semua barang KW Super Premium ini adalah barang reject. Memang ada pabrik yang berhasil meniru barang dengan sangat baik bahkan sampe ada yang mengantongi sertifikat keaslian, atau nomor serial, atau hologram asli, juga memiliki detail, pernak-pernik, bahkan cetakan merk yang persis dengan aslinya.

Misalnya untuk tas atau sandal biasanya memiliki jahitan yang rapi dan juga memakai kulit asli jika memang berbahan kulit. Nyaman dipakai dan warna nggak mudah pudar. Barang kelas ini biasanya memang dijual cukup mahal. Pokoknya udah kayak asli banget deh!

2. KW Super AAA

Ini perbedaan KW grade ori, KW super, KW 1 kamu harus tahu

Barang KW Super AAA ini kelasnya masih di bawah Super Premium. Hanya saja secara penampilan berhasil meniru, mirip. Namun bahan yang digunakan lebih murah, misalnya barang asli menggunakan kulit domba maka barang Super AAA menggunakan kulit sapi.

3. KW Super

Ini perbedaan KW grade ori, KW super, KW 1 kamu harus tahu

Barang kualitas ini biasanya hanya meniru bagian luar saja, tidak pada bagian dalam. Misalkan tas asli di dalamnya berbahan beludru, tas KW super berbahan kanvas biasa. "Kalau untuk jersey bola, biasanya beda pada bagian bahan. Bahannya bisa lebih kasar. Tapi kalau cuma dilihat saja nggak akan ketahuan bedanya," terang Didi, penjual jersey.

4. KW Semi super

Ini perbedaan KW grade ori, KW super, KW 1 kamu harus tahu

Nah, kalau untuk barang ini bahan untuk barang banyak yang diganti. Misal kulit domba diganti dengan kulit sapi. Penggunaan kulit sapi itu juga nggak dipakai semua bagian tas. Misal hanya pada bagian pegangan tas aja. Sisanya menggunakan kulit imitasi. Pokoknya setengah hati gitu deh!

5. KW 1

Ini perbedaan KW grade ori, KW super, KW 1 kamu harus tahu

Meskipun bisa dibilang cukup rapi, si KW 1 ini memiliki kualitas di bawah KW Semi Super. KW 1 fokus pada bentuk yang dibuat agar mirip namun tidak memperhatikan kualitas bahan. "Misalnya kalau sandal gunung, awetnya jelas beda walau bentuknya sama persis. Kalau yang asli bisa awat bertahun-tahun, kalau KW 1 kayak gini paling hanya beberapa bulan," lanjut Yoga

6. KW 2

Ini perbedaan KW grade ori, KW super, KW 1 kamu harus tahu

Kalau barang KW 2 bener-bener dibuat dari bahan yang murah. Bahan-bahan itu sengaja dipilih untuk menekan biaya produksi. Kualitasnya di bawah KW 1 dan biasanya juga lebih cepat rusak. Tingkat kemiripannya hanya sedikit banget, malah bisa dibilang nggak mirip. Sekali melihat kamu pasti langsung tahu kalau itu barang palsu. Nggak heran harganya juga murah banget biasanya.