Brilio.net - Gerhana bulan adalah fenomena yang sangat ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Bagaimana tidak, posisi bumi yang membiaskan cahaya matahari ke bulan senantiasa memberikan tontonan yang menarik.

Tapi, tahukah kamu kalau ternyata fenomena gerhana bulan itu tidak sama disetiap negara? Berikut alasan ilmiah yang telah dihimpun brilio.net, Jumat (4/4), tentang gerhana bulan yang tidak dapat terlihat dibeberapa negara.

1. Kawasan Asia

Untuk kawasan Asia yang sangat dekat dengan garis ekuator dan Samudera Pasifik, gerhana bulan hampir dapat seluruhnya disaksikan di negara Asia. Terkhusus lagi negara Asia yang dilalui garis ekuator seperti Indonesia, gerhana bulan dapat terlihat tanpa dipengaruhi bulan terjadinya gerhana.

2. Kawasan Eropa

Loading...

Kawasan Eropa cukup unik, dengan letak geografis dari Eropa yang hampir seluruh kawaliki siklus musim yang sama. Kawasan Eropa hampir seluruhnya dan menyaksikan gerhana bulan. Begitu pun degan gerhana matahari.

3. Kawasan Australia

Hal yang cukup sedih terjadi di bagian Australia. Di benua ini gerhana bulan dipastikan tidak dapat terlihat diseluruh wilayah secara bersamaan. Jika gerhana bulan terjadi di bulan Desember, maka kawasan Australia Selatan tidak akan menikmati fenomena menakjubkan ini. Yang dapat menikmatinya hanyalah kawasan Australia Utara. Dikarenakan jika bulan mendekati Australia Utara maka bulan akan menjauh dari Australia Selatan.

4. Kawasan Antartika

Bagi kawasan Antartika sendiri khususnys Kutub Utara, gerhana bulan dapat tejadi tanpa mengenal batasan siang dan malam. Selain itu juga tanpa dibatasi terbit dan tenggelamnya bulan, hal ini disebabkan bulan yang berputar mengelilingi horizon.

5. Kawasan Afrika

Bagaimana fenomena gerhana bulan untuk benua Afrika? Letak dari benua Afrika yang menjauh dari garis ekuator membuat kawasan negara itu cukup kesulitan untuk melihat gerhana bulan, berbanding terbalik dengan gerhana matahari. Gerhana bulan hanya dapat dinikmati dibeberapa negara di kawasan Afrika Timur.

6. Kawasan Amerika

Hampir sama dengan benua Australia, untuk negara-negara di Amerika juga tidak dapat melihat gerhana matahari secara serentak diseluruh wilayah. Biasanya gerhana dapat terlihat dari Amerika Latin menuju Utara.