Brilio.net - Mendengar kata kunci inggris pasti akan membuatmu berpikir tentang salah satu peralatan untuk membuka baut atau sekrup yang ukurannya cukup besar. Yups, kunci inggris memang salah satu peralatan mekanik yang sangat familiar dengan masyarakat.

Lalu pernahkah kamu berpikir kenapa benda dari besi itu dinamakan seperti salah satu negara yang ada di Eropa? Mengapa tidak diberi nama dengan nama negara lain? Apakah kunci tersebut memang berasal dari Inggris? Lalu bagaimana orang Inggris menamai kunci inggris?

Kunci inggris adalah penamaan yang telah dikenal di seluruh dunia dan tidak hanya di Indonesia. Faktanya dalam bahasa Inggris kunci inggris dikenal dengan nama adjustable spanner atau adjustable wrench. Pengubahan nama dari adjustable spanner menjadi english key (kunci inggris) pertama kali digunakan di negara-negara Eropa seperti Jerman, Portugal, Perancis, Italia, Belanda dan Spanyol. Setelah negara-negara Eropa ini akrab dengan penyebutan english key, barulah berbagai negara di dunia kemudian mengikuti penamaan tersebut.

Bukan tanpa alasan negara-negara Eropa lainnya menyebut perkakas itu dengan nama kunci inggris. Pada tahun 1842 perkakas ini memang pertama kali ditemukan oleh seorang insinyur dari Inggris bernama Richard Clyburn. Meski kunci inggris yang beredar di dunia sudah mengalami modifikasi oleh Johan Petter Johannsson dari Swedia, namun masyarakat dunia sudah terlanjur menggunakan nama tersebut.

Nah, ternyata penamaan kunci inggris itu nggak asal-asalan aja karena Indonesia pernah dijajah sama Inggris. Gimana sekarang mengerti kan?

Loading...