Brilio.net - Memiliki hobi merupakan suatu hiburan tersendiri. Saat sedang jenuh dengan aktivitas atau pekerjaan sehari-hari, hobi bisa menjadi obat alternatif tersendiri.

Tapi, hati-hati dalam memilih hobi. Salah-salah kalau kamu kurang bisa mengontrol diri justru hobi itu akan membuat kamu "miskin" perlahan. Karena tidak ada yang logis jika sudah menyangkut soal hobi, bisa saja karena kecintaanmu tanpa terasa tabunganmu semakin menipis.

Nah, berikut ini beberapa hobi anak muda yang berpotensi menimbulkan kanker (kantong kering) versi brilio.net, Selasa (8/9).

1. Kuliner

Ini nih hobi yang kelihatannya sepele tapi sukses bikin kantong jebol

Loading...

Siapa sih yang nggak doyan makan enak? Yang namanya manusia pastilah butuh makan. Tapi bukan lantas kemudian bisa kamu jadiin pembenaran untuk hobimu yang satu ini ya!

Kebiasaan jajan saat break kantor atau di sela-sela jadwal kuliahmu juga bisa jadi salah satunya. Kalau dalam sehari minimal kamu menghabiskan Rp 10.000-Rp 20.000, coba hitung berapa bujet yang tersedot dalam sebulan?

2. Beli komik

Ini nih hobi yang kelihatannya sepele tapi sukses bikin kantong jebol

Ini nih... buat pecinta manga, pasti komik yang lagi disuka udah langsung jadi target inceran. Tiap ke toko buku awalnya cuman niat  nyari yang sudah ada di list, tapi praktiknya? "Minimal sebulan beli satu buku  atau tiga komik. Pernah juga sampai habis Rp 300.000, belum kalau nemu buku bagus lagi," ungkap Alin, salah seorang penggemar komik kepada brilio.net, Selasa (8/9).

3. Nonton

Ini nih hobi yang kelihatannya sepele tapi sukses bikin kantong jebol

Kalau kamu termasuk penggemar film yang hobi update nonton film terbaru, sebaiknya mulai sekarang coba dikurangi deh. Setiap bulan bisa sampai beratus-ratus ribu uang yang kamu keluarkan tanpa terasa untuk menonton beberapa film dan juga cemilan pendamping.

"Dilemanya itu kalau pas film yang dinanti kebetulan rilis bersamaan, sebulan bisa marathon sampai tiga film", ujar Dita (25) Ada juga yang saking sukanya sampai rela nonton ulang berkali-kali. "Dulu aku re-watch Harry Potter 1 sampai 11 kali di bioskop sambil traktir beberapa teman dan adik,"  kata Distiani (25).

4. Nongkrong

Ini nih hobi yang kelihatannya sepele tapi sukses bikin kantong jebol

Anak muda zaman sekarang, katanya nggak gaul kalau nggak nongkrong. Memang, mungkin nongkrong bisa bikin kamu jadi punya banyak teman. Tapi, hati-hati dengan godaannya. Kalau kamu nggak pinter mengontrol diri bisa-bisa dompetmu menipis tanpa kamu sadari.

5. Koleksi

Ini nih hobi yang kelihatannya sepele tapi sukses bikin kantong jebol

Jarang ada yang menyadari kalau ternyata hobi mengoleksi sesuatu itu bisa membuat tabungan terancam. Apalagi kalau yang dikoleksi ternyata tipe mainan yang bukan produksi dalam negeri.

Seperti yang diungkapkan Nugroho (24), yang hobi mengoleksi gunpla. "Kalau keadaan sekarang sih sebulan cukup Rp 200.000, efek keadaan ekonomi," tukasnya.