Brilio.net - India menjadi pasar yang unik bagi para penggemar ponsel pintar besutan Apple, iPhone. Pasalnya, di negara ini kamu bisa membeli iPhone 6S dengan harga termahal sedunia atau bisa juga membeli iPhone 5S dengan banderol harga termurah sedunia.

Dua bulan setelah dirilisnya seri iPhone termahal sedunia, iPhone 6S Plus di India, Apple memutuskan untuk memangkas habis-habisan harga iPhone 5S di negara tersebut yang menjadikannya seri iPhone termurah sejagad. Di India, iPhone 5S dilabeli dengan harga mulai Rs 24,999 atau setara Rp 5,2 juta dari harga awal per bulan September Rs 44,500 atau Rp 9,3 juta. Bahkan jika kamu membelinya melalui retailer online seperti Amazon atau Flipkart, harganya bisa turun hingga mencapai Rs 20,000, setara Rp 4 jutaan saja.

Dilansir brilio.net dari mashable, Rabu (16/12), Apple telah memotong harga iPhone 5S sebanyak tiga kali dalam tiga bulan untuk menggenjot penjualan di kuartal terakhir tahun ini. Namun sejumlah produk Apple di India dijual lebih mahal ketimbang harga internasional karena terikat aturan impor di negara tersebut.

"Konsumen India sangat mempertimbangkan harga, tidak seperti di Amerika Serikat di mana elastisitas harga sangat rendah dan penjualan yang stabil dan terus-menerus," kata Neil Shah, Direktur Counterpoint Research. "Di India, ada puncak dan palung dalam penjualan sehingga Apple tidak dapat mempertahankan harga secara stabil."

iPhone 5S menjadi seri iPhone terlaris di India, dan menyumbang hampir setengah keuntungan dari penjualan iPhone secara keseluruhan. Menurut Counterpoint Research, diperkirakan ada 1,2 juta pengguna iPhone 5 / 5S, dari 3,5 juta pengguna iPhone di India.

Loading...