Brilio.net - Banyak yang mengatakan bahwa manusia lebih banyak tahu tentang luar angkasa daripada apa yang ada di bawah bumi. Konon memerlukan waktu 26 tahun untuk satelit terkenal Voyage mencapai tepi tata surya, dengan waktu yang sama manusia mencapai kedalaman sekitar 7 mil (12 km) di bawah permukaan bumi. Artinya orang lebih antusias untuk mempelajari apa yang ada di atas bumi dibandingkan apa yang ada dalam perut bumi.

Nah kali ini, brilio.net akan membahas tentang titik-titik di bumi, mulai dari titik tertingginya sampai dengan titik terdalamnya. Dari berbagai sumber yang berhasil dirangkum, ini dia titik-titik tertinggi dan terdalam yang ada di bumi.  


Titik Tertinggi
Gunung Ojos del Salados

Ini lho titik tertinggi dan terdalam bumi

Kredit Foto: geograph88.blogspot.com

Sebelum mengetahui titik tertinggi di bumi ini, kita awali dengan mengenal gunung berapi tertinggi. Namanya Ojos del Salados dengan ketinggian 22.595 kaki. Gunung Ojos del Salado ini merupakan gunung berapi aktif tertinggi di dunia, lokasinya di Andes, perbatasan Argentina-Chile.

Menurut sejarah letusan terakhirnya terjadi 1.300 tahun yang lalu. Adapun batas ketinggian di mana tidak ada oksigen yang bisa dihirup manusia adalah pada titik 26.000 kaki. Karenanya jika ingin mendaki Gunung Everest, pendaki harus membawa tabung oksigen sendiri.

Gunung Everest

Ini lho titik tertinggi dan terdalam bumi

Kredit Foto: Pixgood.com

Ketinggian paling puncak yang ada di muka bumi ini ada di Gunung Everest, Nepal. Everest memiliki ketinggian 29.035 kaki. 4.000 orang lebih sudah pernah berada di puncaknya.

Nah, selanjutnya adalah titik terendah atau terdalam yang ada di bumi, dalam penjelasan ini dibagi menjadi tiga titik. Titik apa saja itu? berikut penjelasannya.


Titik Terdalam
Mariana Trench

Ini lho titik tertinggi dan terdalam bumi

Kredit Foto: Lightyears.com

Kita mulai dengan kedalaman 36.201 kaki. Titik ini menuju pada sebuah palung bernama Palung Mariana. Nah palung ini merupakan titik terdalam yang ada di dalam Bumi, yang tercipta secara alamiah alias bukan buatan manusia. Panjangnya sekitar 1.500 mil dengan lebarnya 43 mil. Palung Mariana ini bentuknya seperti lubang hitam di bawah samudera.

Proyek Sakhalin-I

Ini lho titik tertinggi dan terdalam bumi

Kredit Foto: Gazprom.nh.nl

Sakhalin-1 Project ini adalah konsorsium untuk mencari dan memproduksi minyak dan gas di Pulau Sakhalin, Rusia. Tercatat beberapa tahun silam ini, pengeboran minyak yang dilakukan oleh proyek Sakhalin memecahkan rekor pengeboran terdalam di dunia. Kedalaman yang dicapai oleh pengebor raksasa ini sekitar 37.318 kaki atau 11.375 meter.

Lubang Kola Borehole

Ini lho titik tertinggi dan terdalam bumi

Kredit Foto: Damnisteresting.com

Nah, kalo ini adalah titik terdalam buatan yang ada di muka bumi. Lubang terdalam ini berada di Zapolyarny, Rusia. Lubang ini tercipta dari hasil pengeboran pada zaman Uni Soviet pada tahu 1970. Tujuannya adalah untuk percobaan ilmiah pengeboran terdalam yang manusia mampu, hingga sampai kerak bumi tercapai. Namun proyek ini hanya berhasil mencapai 40.230 kaki atau sekitar 12.000 meter.