Brilio.net - TNI Angkatan Udara mengajukan pengadaan helikopter VVIP terbaru untuk menggantikan heli lama, Super Puma AS-332, yang sudah dimakan usia. Heli yang dibidik adalah AgustaWestland AW101 buatan Inggris-Italia. Heli ini bukan heli sembarangan, baik dari segi kemampuan maupun keamanannya.

Agusta AW101 ini diproduksi dalam dua jenis, sipil dan militer. "AW101 menggabungkan teknologi paling canggih, peralatan misi, fitur keamanan, kenyamanan yang luar biasa dan keahlian manufaktur untuk memberikan sistem helikopter superior," tulis dalam agustawestland.com seperti dikutip, Rabu (25/11). "Dengan sistem avionik generasi terbaru yang terintegrasi, navigasi, komunikasi, keselamatan dan keamanan, yang AW101 menawarkan solusi unik untuk kebutuhan operasional paling ekstrim dari abad ke-21."

Dalam penjelasan di website tersebut, dijelaskan beberapa fitur standar unggulan heli ini. Apa saja?

1. Menggunakan tiga mesin turboshaft dengan Authority Digital Engine Control (FADEC)

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

2. Fitur keselamatan tingkat tinggi

3. Low Vision Goggle yang membantu pilot saat mengoperasikan dalam lingkungan gelap, komunikasi terintegrasi, navigasi, avionik canggih.

4. Kenyamanan pada kabin karena tingkat kebisingan yang rendah.

5. Memiliki kabin yang luas dengan ukuran tinggi 1,83 meter dan lebar 2,49 meter.

6. Fasillitas kabin yang mennunjang VVIP, termasuk adanya perlindungan balistik.

7. Dilengkapi Defensive Aids Suite terdiri Radar Warning Receiver (RWR), Laser Warning Sistem (LWS), Missile Approach Warning System (MAWS), Countermeasures Dispensing System (CMDS), dan Directed Infra-Red Countermeasures (DIRCM).

(brl/pep)