Brilio.net - Suka jalan-jalan ke luar negeri, tentunya pasti punya paspor. Nah, belakangan ini lagi rame di dunia traveler tentang artikel tentang kekuatan sebuah paspor di tiap negara.

Indikator tersebut dibuat oleh passportindex.org dengan bentuk yang interaktif. Dalam situs tersebut mereka mengumpulkan dan menampilkan serta memberi peringkat paspor-paspor dari 198 negara di dunia yang memiliki aneka warna seperti merah, hitam, atau hijau.

Paspor tersebut memiliki dua indikator yaitu Visa Free Score dan Pasport Powe Bank yang menjelaskan jumlah negara yang bisa di datangi tanpa visa atau menggunakan visa on arrival. Selian itu juga menyebutkan siapa yang memiliki Visa Free Score yang paling kuat di antara negara-negara tersebut.

Sebagaimana passportindex.org tampilkan, makin banyak Visa Free Score maka makin bagus rangking paspor tersebut. Begitu pula sebaliknya, makin sedikit Visa Free Score maka paspor itu makin kelihatan ketinggalan dibandingkan paspor-paspor negara lain yang lebih bagus.

Tahukah kalian bahwa paspor dari Amerika Serikat dan Inggris merupakan paspor paling ampuh. Mereka menduduki peringkat pertama dan bisa mengunjungi 147 negara tanpa visa atau dengan visa on arrival. Selanjutnya ada Prancis, Korea Selatan, dan Jerman yang paspornya bisa memasuki 145 negara. Berikutnya, Swedia dan Italia dengan paspor yang bisa untuk 144 negara. Singapura menduduki peringkat 4 bersama Denmark dan Finlandia yang bisa untuk 143 negara.

Bagaimana dengan paspor yang paling rendah rangkingnya? Ini disandang paspor seperti Sudan Selatan, Kepulauan Solomon, Palestina, Sao Tome and Principe, dan Myanmar. Mereka ada di rangking 80 karena paspor mereka hanya bisa dipakai ke 28 negara saja.

Tingkat kekuatan paspor ini diukur berdasarkan data dari International Air Transportation Agency (IATA).

(brl/pep)