Brilio.net - Tak lama lagi Ujian Nasional (UN) akan dilaksanakan. UN diawali untuk tingkatan SMA 13-15 April 2015, dilanjutkan untuk jenjang pendidikan di bawahnya.

Dalam pelaksanaan UN tahun ini, ada cara berbeda yang akan dilaksanakan, yakn UN Online. UN Online ini merupakan yang pertama kali dilakukan Indonesia. Pelaksanaannya pun masih terbatas pada sekolah-sekolah yang sudah siap dengan fasilitas komputer.

Nah, bagi kamu yang senang berlama-lama di depan komputer untuk online, nggak ada salahnya kamu manfaatin waktumu buat menguji kesiapanmu mengikuti UN lewat tryout online. Ini beberapa website yang menyediakan tryout online.

1. tryout.pancabudi.ac.id
Website milik Universitas Pembangunan Panca Budi Medan ini menyediakan soal lengkap untuk berbagai tingkatan. Mulai dari SMP, SMA, SMK, hingga soal latihan masuk perguruan tinggi. Cara menggunakannya cukup mudah. Sebelumnya kamu harus daftar terlebih dahulu untuk bisa dapatkan username. Setelah kamu mendapatkan akses dengan username yang kamu punya, kamu bisa mencoba soal sesuai tingkatanmu dan mata pelajaran apa yang kamu ingin coba. Dalam waktu yang telah ditentukan, kamu harus menyelesaikan semua soal. Seketika itu kamu juga bisa mengetahui nilai yang kamu peroleh. Yang perlu kamu tahu, untuk mencoba tryout di sini gratis lho!

2. atun.m-edukasi.kemdikbud.go.id
Nah, kalau yang ini website resmi milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain ada fasilitas tryout, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas latihan soal yang disediakan. Jadi sebelum kamu siap tempur tryout, kamu bisa latih dulu kemampuanmu di sini. Untuk mata pelajaran yang disediakan lengkap dari SMP hingga SMA. Cuma, kamu harus sedikit bersabar karena website ini agak berat sehingga loading-nya agak lama.

3. www.primagamaplus.com
Website milik salah satu bimbingan belajar (bimbel) ini juga menyediakan tryout online. Cuma tryout yang disediakan terbagi dua, untuk member dan umum yang gratis. Pastinya yang gratisan fasilitasnya akan lebih sedikit daripada yang diperuntukkan bagi member.

Selain web tersebut, beberpa bimbel besar juga menyediakan fasilitas tryout, tapi terbatas untuk member bimbel tersebut. Ada juga website penyedia tryout berbayar seperti un.bimbelkita.com maupun www.tryout.id

Yang pasti, buat kamu yang mau UN, manfaatin waktumu baik-baik. Jangan sampai nilaimu jeblok gara-gara persiapanmu kurang.