Brilio.net - Rencana pembelian helikopter kepresidenan belakangan ini menjadi bahan pembicaraan di masyarakat. Pro dan kontra mewarnai proses pengadaan ini, meski sebenarnya rencana ini telah masuk dalam program pengadaan 2014-2019 dengan alasan helikopter kepresidenan saat ini, Super Puma AS-332, sudah tua.

Merujuk ke belakang, sebenarnya bukan hal baru Presiden RI menggunakan helikopter kepresidenan. Bahkan, kono Presiden Soekarno adalah presiden pertama di dunia yang memiliki helikopter kepresidenan. Apa saja helikopter kepresidenan yang pernah dipakai presiden Indonesia? Berikut ulasannya, Rabu (25/11).

1. Hiller 360

Ini daftar helikopter yang pernah dipakai Presiden RI

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: indomiliter.com

Helikopter ini cukup membanggakan bagi bangsa Indonesia. Sebab, perakitan pesawat rotary wing ini dilakukan oleh anak bangsa, Wiweko Supono pada Desember 1950. Inilah helikopter pertama yang dimiliki Indonesia pascakemerdekaan. Komodor Udara Wiweko Supono kemudian menerbangkan helikopter ini dengan mengangkut Presiden Soekarno.

2. Sikorsky S-58

Ini daftar helikopter yang pernah dipakai Presiden RI

foto: greaterindonesia.blogspot.com

Selepas dari Hiller 360, Presiden Soekarno makin akrab dengan helikopter kepresidenan. Mantan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim dalam sebuah tulisannya di websitenya, menyebutkan, di akhir tahun 1950-an dan awal tahun 1960-an, Presiden Soekarno sering menggunakan pesawat helikopter VVIP kepresidenan yang antara lain digunakan untuk bepergian dari Istana Merdeka ke Istana Bogor. Helikopter yang dimaksud adalah Sikorsky S-58.

Helikopter ini merupakan hadiah dari Presiden Amerika Serikat Dwight Eisenhower untuk Presiden Soekarno pada tahun 1960. Heli ini memiliki empat baling-baling sepanjang 17,07 meter, bermesin tunggal, dengan daya angkut 18 orang. Sikorsky S-58 mampu melaju dalam kecepatan hingga 198 km/jam. Dalam variannya, Sikorsky S-58 juga ada yang didesain sebagai pesawat militer dan komersial.

3. Sikorsky S-61

Ini daftar helikopter yang pernah dipakai Presiden RI

foto: aviastar.org

Masih dalam tulisan Chappy, Heli VIP Sikorsky S-61 ini juga hadiah dari AS. Bedanya, kali ini yang menghadiahi Presiden Soekarno adalah Presiden Kennedy.

Tak hanya memberikan heli, AS juga menugaskan seorang engineer, Arthur Wheller Loper yang akrab dipanggil Archie. Dia adalah ahli teknik pesawat helikopter kelahiran 24 Januari 1933 di Connecticut, Amerika Serikat. Dia bertugas di Indonesia sejak tahun 1960 dengan tugas utamanya menyiapkan Sikorsky kepresidenan agar selalu dapat berada dalam kondisi yang siap terbang.

4. Super Puma SA-330

Ini daftar helikopter yang pernah dipakai Presiden RI

foto: defense-studies.blogspot.co.id

Super Puma SA-330 diproduksi oleh perusahaan Prancis, Aerospatiale. SA-330 yang merupakan helikopter angkut sedang ini pertama dibeli pada tahun 1978 dengan varian militer.

Presiden Indonesia yang pernah memakai helikopter ini adalah dari era Presiden Soeharto. Sebelum dioperasikan di Skadron Udara 17 VIP Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, SA-330 dioperasikan di Lanud Atang Senjaja. Selain dipakai untuk helikopter VIP kepresidenan, sebagian besar heli ini digunakan untuk keperluan tugas militer TNI AU.

5. Super Puma AS-332

Ini daftar helikopter yang pernah dipakai Presiden RI

foto: cintabelanegara.blogspot.com

Heli ini diproduksi oleh Eurocopter (awalnya dibuat Aerospatiale) dengan varian sipil dan militer. SA-332 merupakan pengembangan dari varian pendahulunya dengan perbedaan yang paling menonjol dari segi tampilan adalah memiliki daya angkut lebih besar. Helikopter ini bisa dipersenjatai senapan, roket dan misil, serta peralatan untuk antikapal.

Super Puma dioperasikan banyak negara, termasuk Indonesia. Bahkan, Indonesia juga memegang lisensi untuk memproduksi pesawat ini lewat PT Dirgantara Indonesia. Hingga sekarang, helikopter kepresidenan Indonesia masih menggunakan heli jenis ini. Di beberapa negara juga melakukan hal sama.

(brl/pep)